Rabu, 13 Desember 2017

Foto Pembukaan PIFAF 2017 Lalu
POLEWALITERKINI.NET – Wah...Event Budaya dan Pariwisata bertaraf internasional Polewali Mandar, atau dikenal International Folk and Art Festival ( PIFAF ) ke III terancam batal digelar tahun depan lantaran keterbatasan anggaran.

BERITA TERKAIT : TERKAIT PIFAF 2018...! LEGISLATOR PPP ANGKAT BICARA....

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Bappeda Polman, Andi Himawan Jasin menjelaskan keterbatasan anggaran karena APBD 2018 banyak terserap di perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Polman sehingga PIFAF kemungkinan besar ditiadakan sementara.

"PIFAF memang terancam batal, alasannya itu tadi karena bersamaan pilkada." Kata Andi Himawan.

Meski anggaran PIFAF dipangkas 95 persen di  Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) yang sementara dibahas, tetapi item PIFAF tetap dicantumkan untuk menjaga kemungkinan adanya bantuan dana dari Pemprov atau Kementerian Pariwisata menggelar PIFAF.

"Satu satunya harapan agar PIFAF ke III bisa terlaksana, ada bantuan dana dari kementerian." Terang Himawan.

Selain itu, kata dia, alasan lainnya sehingga PIFAF direncanakan terpending lantaran jadwalnya bersamaan Pilkada, dimana berbagai pertimbangan di antaranya konsentrasi pasukan pengamanan harus terbagi antara PIFAF dan Pilkada.

"Itu juga susahnya karena kalender penyelenggaraan PIFAF sudah terjadwal, tidak bisa diundur atau dipercepat." Jelas Himawan.

Dikonfirmasi terpisah Sekertaris Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (DISPOP) Polman, Mustari Mula saat dihubungi via telepon selulernya mengatakan, belum dapat informasi tentang pembatalan PIFAF karena sementara pembahasan KUA PPAS.

Meski demikian, kata Mustari,  apabila penyerapan anggaran lebih banyak ke pilkada yang memang lebih penting maka dirinya legowo PIFAF batal dihelat.

"Kalau Bappeda sudah memberi informasi seperti itu berarti sudah valid. karena memang Bappeda yang bahas anggaran." Kata Mustari.

Sementara itu anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Polman, Jamar Jasin Badu membenarkan PIFAF sudah tidak dianggarkan tahun depan, karena dananya dialihkan ke program pembangunan yang lebih urgen.

"Sudah tidak ada PIFAF tahun depan dek, kecuali ada bantuan dana dari provinsi." Ujarnya.

Laporan : Z Ramadhana.

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini