Iklan


 

Warga Bulo Sambut Meriah Delegasi Negara Peserta PIFAF 2019

Sabtu, 03 Agustus 2019 | 16:28 WIB Last Updated 2019-08-03T08:45:16Z
Peserta PIFAF Hibur Masyarakat Bulo
Peserta India Menyapa Pelajar di Bulo
Peserta Korsel Lambaikan Tangan
Peserta Ceko Dikawal Tim Rebana
POLEWALITERKINI.NET - Kedatangan delegasi negara peseta Polewali Mandar Internasional Folk and Art Pestivaf (PIFAF) 2019 di Dusun Kanusuang, Desa Pulliwa, Kecamatan Bulo, Polewali Mandar disambut antusias masyarakat Bulo.

Ratusan pelajar mulai tinggkat TK, SD, SMP hingga guru rela berpanas-panas berbaris di pinggir jalan menunggu kedatangan negara, India, Ceko, dan Korea Selatan (Korsel).

Dikawal mobil Patwal bus pariwisata yang ditumpangi Negara Ceko tiba lebih awal disusul dari Korea, dan India. Berjalan beberapa meter ke lokasi acara, mereka disambut lambaian bendera kecil masing-masing negara dengan tabuhan musik khas Mandar, rebana. Beberapa pelajar juga tidak canggung mengajak delegasi untuk berswafoto.

Plt Kepala Dinas Dispop Polewali Manda, Andi Masri Masdar menyampaikan, di Polewali Mandar ada banyak kecamatan, setiap pelaksanaan PIFAF, diupayakan masyarakat yang tidak sempat menonton PIFAF di panggung utama di sport center bisa menikmati event PIFAF.

"Kita mencoba untuk menghibur masyarakat dan memperkenalkan budaya mereka ke masyarakat dan juga budaya kita. Jadi setiap tahunnya kita pilih siapa-siapa kecamatan yang akan kita kunjungi. Kalau tahu ini ada lima kecamatan." Kata Andi Masri usai streer dance di SMPN 6 Wonomulyo, Kamis (02/08/2019).

Dia mengharapkan, setelah delegasi negara selelesai tampil, masyarakat bisa mengetahui secara langsung bagaiaman budaya Korea, Ceko, dan India. Walaupun sudah lihat di TV, namun secara langsung bisa melihat seperti apa budayanya dan bisa berfoto dengan delegasi setiap negara.

Dikatakan, budaya merupakan jati diri Bangsa Indonesia, mereka pun seperti itu, dengan kebudayaan dan kesenian bisa menjalin persahabatan, menjaga perdamaian dunia.

Sementara Wardi, salah satu warga Bulo mengaku sangat terhibur dengan kedatangan PIFAF di daerahnya.

"Ini bisa menjadi pelajaran bagi anak-anak kita agar bisa mencintai budaya Mandar, jangan malu, harus bangga kayak mereka, tidak malu." Kata Wardi.

Sumber : Humas PIFAF 2019
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Bulo Sambut Meriah Delegasi Negara Peserta PIFAF 2019

Trending Now

Iklan

iklan