***...***

.

Selasa, 17 September 2019


POLEWALITERKINI.NET – Salim S Mengga, menanggapi adanya keinginan pemerintah Sulawesi Barat dan Pemkab Polman membentuk Daerah Otonomi Baru (DOB) Balanipa menjadi satu Kabupaten di wilayah Sulawesi Barat.

"Hampir semua pejabat bupati setelah dua periode setuju pemekaran daerahnya apalagi kalau ada rencana ke pilgub ke depan maka semua akan berbicara pemekaran agar mendapat simpati masyarakat." Sebut Salim S Mengga. Selasa, 17 September 2019.

Mantan anggota DPR RI ini bahkan menyebutkan, wacana pembentukan Kabupaten Balanipa ini muncul sejak kepemimpinan Anwar Adnan Saleh yang kala itu masih menjabat sebagai Gubernur Sulawesi barat, sudah bicarakan pemekaran terutama saat akan pilgub dan pilbub masyarakat polman tak lupa.

"Jika melihat ini, saya melihat tidak ada yang bersungguh-sungguh atau serius ingin DOB Balanipa kecuali hanya untuk pencitraan dan untuk meraih simpati politik utamanya jelang pilgub dan pilbub." Kata Salim S Mengga.

Salim bahkan bercerita saat dirinya masih menjabat anggota DPR RI yang kala itu masih di komisi 2, "Pernah satu ketika ada yang datang ke rumah dan saya tanya tentang Balanipa dan dan di jawab tidak ada dana. Waktu itu saya jawab bahwa tidak diperlukan dana untuk pemekaran sebuah wilayah, yang diperlukan itu adalah kemauan dan upaya sungguh sungguh meyakinkan pemerintah pusat dalam hal ini kemendgri bahwa DOB Balanipa memang sangat di butuhkan." Kata Salim Lagi.

Salim menambahkan, DOB BALANIPA jangan terkesan untuk mendapatkan peluang meraih jabatan karena akan ada tim dari kemendgri dan Komisi 2 DPR RI, yang akan menilai bahwa seberapa layak suatu daerah dapat dimekarkan apalagi uu pemekaran sudah jauh lebih sulit dari pada sebelumnya.

"Kalupun DOB BALANIPA disetujui tidak akan langsung menjadi kabupaten tetapi ada masa persiapan selama 3 tahun dan setelah 3 tahun baru dinilai kembali apakah bisa dimekarkan atau kembali kekabupaten induk, karena itu bila serius maka persipan dengan baik mulai sekarang karena fasiltas yang ada untuk persiapan juga akan dinilai, sekedar informasi." Tutup Salim S Mengga.
Laporan  :  Tir

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini