***...***

Jumat, 08 November 2019

Kiri, Andi Masri Masdar dan Ketua AMP Dedi Irawan
Serta Ketua Panitia Amal
Andi Masri Masdar Bersama Sejumlah Awak Media
POLEWALITERKINI.NET – Angkatan Muda Palili (AMP) bakal gelar ferstival Tellubang'ngi bersama palili, artinya 3 malam bersama palili yang akan di laksanakan di Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat.

Ketua Panitia Festival Tellubang'ngi bersama Palili Amal mengatakan, persiapan pelaksanaan event tersebut sudah mencapai 75 persen. kegiatan ini akan di isi berbagai kegiatan seni tradisonal Palili sudah siap untuk tampil.

"Festival ini akam diawali dengan pelantikan Pengurus AMP, kemudian masuk pada kegiatan tari tradisional dan kegiatan lainnya seperti tari pakkimba, bisu, kottau yang semuanya ini masih sangat tradisional." Katanya. Selasa, 29 Oktober 2019 lalu.

Ketua AMP, Dedi Irawan mengatakan, Palili terdiri dari 4 etnis, yakni pattae, pennei, dakka, dan pakkoe yang tersebar di beberapa wilayah di Sulbar mulai dari Binuang hingga Baras Mamuju. Dia menyampaikan, festival inibakan dikemas menarik dengan berbagai kejutan bagi pengunjung dan salah satu tarian tradisional yang yang akan dilaksanakan akan menarik perhatian.

"Yang menarik di tari bisu ini akan menampilkan mistik dimana penari akan mendatangi penonton yang berbicara buruk tentang tarian itu meski hanya sekedar berbisik, namun untuk tarian ini sebelum dimulai akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu." Jelas Dedi Irawan.

Rencananya, Angkatan Muda Palili akan menyebar undangan sebanyak seribu orang untuk pelaksanaan festival dan pelantikan pengurus AMP dan rencananya kegiatan tersebut akan dimulai pada tanggal 07 November yang juga akan dimeriahkan beberapa penampilan tarian lokal Polman, pasar malam, sepuluh ribu doda dan berbagai kegiatan lainnya yang akan menjadi kejutan bagi pengunjung.

Ketua Dewan Pembina AMP, Andi Masri Masdar mengatakan, selaku dewan pembina meminta agar mengemas kegiatan tersebut semenarik mungkin lain dari lainnya, bukan hanya seremonial belaka sehingga orang bisa tahu apa itu palili dan seperti apa itu palili.

Selaku Plt Kepala Dispop Polman, Andi Masri Masdar menyampaikan terimah kasih kepada AMP yang ingin memperkenalkan budaya palili yang memang sudah tidak terlalu dikenal orang.

"Dari sini kita bisa berharap apa yang menjadi sumber budaya di tataran palili yang bisa menjadi binaan wisata yang bisa saja dalam kegiatan ini ada budaya daerah yang memang belum diketahui daerah yang dapat dikembangkan." Kata Plt Kepala Dispop Polman, Andi Masri Masdar.

Dia menambahkan, kedepan AMP diharapkan dapat diberdayakan pengembangan ekonomi dan budaya yang bisa mendorong kemajuan di Polewali Mandar.

Laporan  :  Achmad Gazali

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini