Iklan


 

Kodim Polmas Terjunkan Ratusan Anggota Bersihkan Material Longsor Tapango

Kamis, 14 Januari 2021 | 23:04 WIB Last Updated 2021-01-14T15:04:58Z

POLEWALITERKINI.NET – Ratusan personel TNI dari Kodim 1402/Polmas diterjunkan melakukan kerja bakti bersama BPBD, POLRI dan masyarakat membersihkan puing akibat bencana alam yang menimpa sejumlah desa di Kecamatan Tapango. Kamis (14/01/2021)

Bencana alam yang menimpa 3 desa, yakni Kalimbua, Riso, dan Tapango akibat curah hujan yang tinggi selama sepekan terakhir di Kabupaten polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Komandan Kodim (Dandim) 1402/Polmas Letnan Arh Hari Purnomo, S.Hub.Int., M. Han,  yang ikut terjun langsung mendampingi ratusan anggotanya mengatakan, tanah longsor menimpa 5 unit rumah tersapu material longsor dan 2 unit rumah terkena dampak material longsor di Desa Kalimbua, Kecamatan Tapango diakibatkan tingginya curah hujan Rabu siang kemarin.

"Beberapa ruas jalan juga terputus akibat longsoran tanah dan terkikis air sungai." Jelasnya.

Sementara 2 unit jembatan roboh akibat luapan sungai Walian yang tidak mampu menampung debit air yang tinggi diantaranya jembatan di Dusun Rombo-Rombo, Desa Riso dan Jembatan gantung di Desa Tapango yang menghubungkan Desa Tapango Barat.

Anggota kita bagi, Lanjut dikatakan Dandim, Sekitar 60 Orang membantu membersihkan material longsor di Desa Kalimbua bersama masyarakat, BPBD, Polri, Adik-adik mahasiswa dan Paramuka Saka Wira Kartika dan Karang Taruna Kabupaten Polman.

Sebagian lagi kita kerahkan untuk membuat jembatan dari material kayu dan Bambu di Desa Riso, Karena jembatan sepanjang 13 Meter  adalah satu-satunya jalur perekonomian masyarakat Desa Riso.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat di sekitar lokasi kejadian agar meninggalkan rumahnya,  Terutama di Desa Kalimbua guna menghindari longsor susulan yang bisa saja terjadi terlebih saat ini curah hujan masih tinggi.

Anggota Koramil 1402-02/Wonomulyo terutama Babinsa di Kecamatan Tapango terus berada di lokasi bencana untuk melaksanakan kegiatan pasca bencana baik secara fisik maupun moril sampai tuntas, Tandasnya.

Laporan  :  Sukriwandi


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kodim Polmas Terjunkan Ratusan Anggota Bersihkan Material Longsor Tapango

Trending Now

Iklan

iklan