Iklan


 

Harlah Bawaslu ke 15, Momentum Pembinaan Penguatan Kelembagaan

Senin, 10 April 2023 | 22:42 WIB Last Updated 2023-04-10T14:42:15Z

Harlah 15 tahun Bawaslu RI, 09 April 2023. Gelar syukuran doa bersama dan rapat fasilitasi pembinaan penguatan kelembangaan (Foto : Nadi)

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Dalam rangka perayaan Hari Lahir (Harlah) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Repbulik Indonesia ke 15 Tahun. Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mengelar Rapat Pembinaan Penguatan Kelembagaan, di Ruang Lantai 1 Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar. Minggu, 09 April 2023.


Kegiatan Harlah Bawaslu 15 tahun dengan tema sinergi mengawasi jaga demokrasi, zoom langsung dari Kantor Bawaslu Repbulik Indonesia Jakarta.


Dihadiri seluruh Ketua Panitian Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwasca) dan Kepala Serektariat Panwasca di 16 Kecamatan se Kabupaten Polewali Mandar.


Ketua Bawaslu Polewali Mandar, Saifuddin, mengatakan, kegiatan syukuran Harlah Bawaslu Ke 15 Tahun, diadakan secara live zoom dari Bawaslu Repbulik Indonesia, di Jakarta. 


Sebagai bentuk refleksi berdirinya Bawaslu, lahirnya Bawaslu di Indonesia, bukan untuk mencari-cari kesalahan setiap investasi politik, namun menegak demokrasi dan memberikan kepastian hukum, sebagai perannya mengawali perjalanan demokrasi sesuai ketentuan.


"Harlah 15 tahun Bawaslu, dengan bentuk syukuran dan doa bersama, semoga Bawaslu dapat memberi peran ditengah situasi politik pemilu 2024, sementara berjalan." Tandasnya.


Dipaparkan Ketua Bawaslu Polewali Mandar, momentum Harlah Bawaslu Republik Indonesia, menjadikan seluruh stakeholder penyelengaran pemilu 2024, mulai dari tingkatan pengawasan desa dan kelurahan, untuk terus melakukan pengawasan tahapan pemilu yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Polewali Mandar.


"Momentum 15 Tahun Bawaslu, juga menjadi perkuat jajaran Bawaslu di Kabupaten Polewali Mandar. Melakukan pengawasan Pemilu 2024 dan bangun sinergitas dengan masyarakat dan partai politik bersama melakukan pengawasan kepemilihan." Katanya.


Ditegaskan Ketua Bawaslu Polewali Mandar, rapat yang dirangkai Harlah Bawaslu bertujuan adanya solidaritas antar panwasca dengan pihak sekretariat, untuk mendukung kerja pengawasan ditingkat bawa. 


Sehingga lanjutnya, ada penguatan kelembagaan dalam hal sisi sumber daya manusia staf sekretariat, aparatur sipil negara sekretariat dan non asn sekretariat menjadi satu penyelenggara pemilu, wajib melakukan pengawasan


"Seluruh pengawas pemilu diharaplan menyelesaikan persoal teknis seperti kampanye dalam bentuk sosialisasi dalam bulan Ramadan, dimana memang belum masuk tahapan sampai saat ini." Himbaunya.


Diungkapkan Ketua Bawaslu, kegiatan Harlah Bawaslu dilakukan dengan sederhana, sebagai upaya menguatkan kembali rekatan kebersamaan, baik unsur sekretariat maupun unsur ketua dan anggota Bawaslu kabupaten serta Panwaslu kecamatan. 


Selain itu, sekaligus mengingatkan bahwa perjalanan waktu dan usia Bawaslu dalam mengawal demokrasi adalah momentum baik yang harus selalu disyukuri.


“Kita ini adalah keluarga besar yang harus selalu belajar untuk menjadi manusia yang pandai bersyukur atas capaian dan nikmat, komitmen profesionalisme kita dalam pekerjaan. Terlebih perayaan ini juga bertepatan dengan bulan ramadan. Harapan kami adalah, rekatan kekeluargaan dan kebersamaan tetap akan kita pupuk dan kita jaga secara bersama." Terangnya.


Harlah 15 tahun Bawaslu RI, 09 April 2023. Gelar syukuran doa bersama dan rapat fasilitaai pembinaan penguatan kelembangaan (Foto : Nadi).

Dijelaskan Ketua Bawaslu Polewali Mandar, meminta kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwasca) untuk tidak krasak-krusuk jika melihat ada kekurangan personal dalam keluarga besar kita, karena boleh jadi kita juga memiliki kekurangan. 


Kata dia, mari bersama melihat kekurangan kita seraya mencoba melihat kelebihan saudara kita yang berada dalam satu lembaga dengan kita.


"Jika ada problem bicarakanlah dengan baik-baik dan carilah solusi yang beradab, karena itu penting bagi kita melakukan evaluasi serta memberikan apresiasi dalam bentuk sewajarnya kepada yang memiliki kelebihan." Sebutnya.


Sementara itu Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Polewali Mandar, Sumarding, dihadapan peserta rapat dan perayaan Harlah ke15 Bawaslu, menyampaikan, pengawasan berawal dari kelembagaan yang sehat dan baik, maka dari itu pembinaan dan penguatan kelembagaan SDM harus diperkuat.


“Penguatan kelembagaan penting, karena semua kembali kepada diri sendiri. Kami selalu mengingatkan agar tetap menjaga solidaritas dan menjaga silaturahmi serta saling memahami satu sama lain. Ingat setiap langkah dan setiap tutur kata harus dijaga dengan baik, karena hal tersebut akan mempengaruhi kerja pengawasan." Paparnya.


Dalam kesempatan itu, Sumarding juga berharap, staf Bawaslu kabupaten dan Panwaslu kecamatan sebaiknya multifungsi dan bisa ditugaskan di semua divisi agar kerja-kerja pengawasan bisa secara maksimal. 


“Karena itu penting jika sebaiknya setiap minggu ada rapat evaluasi agar kita bisa menakar kerja-kerja kita dan mencari titik temu persamaan antara kita di dalam keluarga besar Bawaslu kabupaten dan Panwaslu kecamatan." Imbuhnya.


Senada itu Koordinator Sekretariat Bawaslu kabupaten Polewali Mandar, MS Tajuddin menyampaikan, karakter mental dan tabiat personal dalam kelembagaan Bawaslu kabupaten dan Panwaslu kecamatan pasti berbeda-beda. 


Meski demikian, bukan itu yang mestinya diruncingkan perbedaannya, tetapi mesti dilihat dan selalu dipintal adalah kesamaan dalam memandang dan memperlakukan serta menjalankan tugas dan kewenangan masing-masing yang sama-sama yang mesti berangkat dari niat baik dan tulus dalam mendorong kian berkualitasnya demokrasi di daerah ini.


"Karena itu, berbicara tentang penguatan kelembagaan, kata kuncinya adalah solidaritas dan kebersamaan." Ujarnya.


Dalam kesempatan itu, Sekretariat Bawaslu Polewali Mandar, menyinggung pentingnya untuk kembali mengingat petuah tetua dulu yang mengatakan, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.


"Intinya adalah mari kita sama bahu membahu dalam membangun citra dan marwah lembaga kita yang profesional dan bermartabat, usia lembaga kita ini tidak lagi anak-anak, karenanya kita yang ada di dalam lembaga ini mestinya telah matang dan telah selesai dengan diri kita sendiri." Bebernya.


Sementara itu,Koordinator divisi hukum dan penyelesaian sengketa Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, Usman menuturkan, dalam kelembagaan Bawaslu selain solidaritas, juga penting sekali untuk selalu menguatkan pemahaman terkait dengan tuga-tugas pengawasan.


“Melalui momentum perayaan Harlah Bawaslu, mesti kembali melakukan penguatan dalam berbagai lini di kelembagaan kita. Utamanya dalam upaya kita untuk kian mengukuhkan peran-peran kelembagaan kita sebagaimana mandat yang diberikan oleh regulasi kepada kita. Salah satunya adalah bekerja dengan serius dan tidak pernah berhenti untuk belajar dan memahami semua regulasi yang memiliki keterkaitan dengan pekerjaan pengawasan kita." Jelasnya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Harlah Bawaslu ke 15, Momentum Pembinaan Penguatan Kelembagaan

Trending Now

Iklan

iklan