Iklan


 

Perjalanan Mudik, Ibu ini Nyaris Melahirkan di Masjid Polman

Sabtu, 22 April 2023 | 10:54 WIB Last Updated 2023-04-22T02:54:36Z

Kondisi Ibu Mulai Membaik Setelah Menjalani Proses Persalinan di Salah Satu Puskesmas di Polman. Foto : Ant.

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Seorang pemudik melahirkan saat perjalanan pulang menuju ke kampung halamannya. Ibu bernama Kamsiani (33 tahun) melahirkan pada hari Jumat (21/04/2023) di Puskesmas Polewali, jalan Teuku Umar, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali mandar, Sulawesi Barat.


Ibu ini sedang melakukan perjalanan mudik dari Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah, ke kampung halamannya di Sukamaju, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.


Suami pasien, Supriadi (36) mengatakan, awalnya mereka berangkat dari desa Sejati Tobadak kabupaten Mamuju Tengah pada hari Kamis, 20 April, pukul 15:00 WITA sore.


Mereka menumpang mobil Dump truck (Mobil Tongkang) yang dilapisi alas kasur di bagian bak belakang mobil.


Setelah menempuh perjalanan selama 12 jam, mereka lalu singgah istirahat di salah satu masjid di Sarampu untuk buang air kecil. Pada saat selesai buang air kecil, tiba tiba ibu ini merasakan kontraksi dan mengalami pecah ketuban.


"Awalnya tidak apa-apa, selama perjalan aman aman saja. tapi apa di toilet, langsung ada air putih keluar mungkin ketubannya pecah. namanya melahirkan kita tidak tau prediksi kapan terjadi." Kata suaminya.


Dia lalu mencari bantuan pertolongan kepada warga dan temannya yang kemudian diantar ke puskesmas Polewali yang jaraknya sekitar 600 meter dari lokasi masjid tempatnya beristirahat. 


Setelah tiba di puskesmas setempat, proses persalinan berlangsung pada hari Jumat dini hari pukul 03:00 Wita dan berjalan lancar dengan dibantu oleh bidan perawat yang sedang berjaga di puskesmas ini. 


Kurang lebih satu jam, ibu ini melahirkan dengan persalinan normal. Lahirlah bayi berjenis kelamin laki laki dengan berat bayi 3,8 kilogram, Panjang badan 52 centimeter. Bayi ini merupakan anak ketiga dari hasil pernikahan mereka.


"Belum ada nama pak, ini kami masih mencari nama nama yang tepat sesuai dengan moment kejadian ini." Katanya.


Salah satu perawat yang membantu proses persalinan Bidan Nasri mengatakan, awalnya pasien ini datang dengan pembukaan yang sudah lengkap sehingga tidak menyulitkan proses persalinannya.

 

"Jam 3 subuh pak, tapi lumayan kita masih menunggu agak lama sedikit baru bisa melahirkan dengan normal." Katanya.


Saat ini kondisi ibu dan bayi ini dalam keadaan sehat. Namun petugas masih memberikan cairan infus untuk membantu memulihkan stamina pasien ini.


"Kita lihat dulu keadaannya, jika kondisinya terus stabil, insha Allah besok kita boleh izinkan pulang ke rumahnya." Katanya.


Supriadi. mengatakan, jika sudah keluar dari Puskesmas keluarganya akan istirahat dulu di rumah kerabatnya yang ada di Polman.


Nanti lanjutnya, jika kondisi istrinya betul-betul sudah seratus persen pulih, maka akan melanjutkan perjalan ke Sukamaju Luwu Utara. Keluarga ini merupakan pekerja kelapa sawit perusahaan di Tobadak kabupaten Mamuju Tengah.


Laporan : Ant

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perjalanan Mudik, Ibu ini Nyaris Melahirkan di Masjid Polman

Trending Now

Iklan

iklan