Iklan


 

Kendala Teknis, Golkar dan Gerindra Polman Konsultasi Bacaleg di KPUD

Minggu, 14 Mei 2023 | 11:30 WIB Last Updated 2023-05-14T03:30:41Z

Para petinggi Partai Golkar dan Gerindra Polman, mendatangi KPUD Polewali Mandar, berkonsultasi terkait Bacaleg dari kedua partai ini. (Foto : Nadi/Sukriwandi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Menjelang sehari penutupan tahapan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) partai politik peserta Pemilu 2024, pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golongan Karya (Golkar) dan Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Polewali Mandar, berkonsultasi ke Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Polewali Mandar. Sabtu, 13 Mei 2023.


Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Polewali Mandar Samsul Mahmud mengatakan, kedatangannya ke KPUD kabupaten Polman, siang ini. Sabtu, 13 Mei 2023. Berkonsultasi terkait pendaftaran pengajuan Bacaleg Partai Golkar, yang diajukan di 5 daerah pemilihan Pemilu 2024 mendatang. 


Karena lanjutnya, belum ada persetujuan pengajuan Bacaleg dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU Pusat, sehingga tidak dapat melakukan pendaftaran.


"Kehadiran Partai Golkar untuk berkonsultasi tentang pengajuan dokumen Bacaleg, karena persoalan teknis, belum adanya persetujuan DPP Partai Golkar pengajuan Bacaleg yang kita terima sehingga tidak bisa mendaftar." Ujarnya.


Ditegaskan Ketua DPD Partai Golkar Polewali Mandar, jika dalam beberapa waktu ke depan sudah ada pengajuan pendaftaran Bacaleg dari DPP Partai Golkar, akan segera kembali mendaftar.


"Hanya menunggu waktu kapan ada persetujuan pengajuan Silon, langsung kembali mendaftar sebelum ditutup pendaftaran hari ini." Jelasnya.


DPD Golkar Kabupaten Polewali Mandar, menyiapkan 40 Bacaleg anggota DPRD Kabupaten Polewali Mandar, termasuk memenuhi syarat keterwakilan kuota perempuan 30 persen setiap Dapil, sesuai dengan ketentuan dipersyaratkan dalam peraturan KPU.


"Kuota keterwakilan perempuan dipenuhi 32,5 persen, yakni 13 orang perempuan dan 27 orang laki-laki." Katanya.


DPD Partai Golkar Polewali Mandar, berkonsultasi di KPUD Polewali Mandar, terkait pengajuan daftar Bacaleg di Silon KPU. (Foto : Nadi).

Dijelaskan Ketua DPD Golkar Polewali Mandar, dalam menyusun komposisi Bacaleg, tetap mengandalkan potensi kader yang dimiliki, namun dipadukan dengan kader muda untuk bekerjasama di daerah pemilihannya, yang dipersiapkan bersaing di Pemilu 2024.


"Kekuatan kami kader potensial yang sudah dipersiapkan bertarung di Pemilu 2024." Sebutnya.


Dipaparkan Ketua DPD Golkar Polewali Mandar, target kursi DPRD Kabupaten di Pemilu mendatang 20 persen dari jumlah kursi anggota DPRD Polman, Golkar sekarang memiliki 10 kursi petahana.


"Partai Golkar Polewali Mandar, telah teruji dari Pemilu ke Pemilu, dengan selalu menang, strategi sudah ada tinggal dilaksanakan." Bebernya.


Sementara Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Polewali Mandar Makmun mengatakan, kedatangan Partai Gerindra ke KPUD Polman, berkonsultasi tentang hal penting.


Kata dia. perlu mendapatkan perhatian, terutama persetujuan pengajuan Bacaleg Partai Gerindra Kabupaten Polewali Mandar dari DPP Partai Gerindra.


"Masih ada perlu dibenahi dalam berkas Bacaleg Partai Gerindra Kabupaten Polewali Mandar. Sehingga baru Konsultasi hari ini." Ujarnya.


Diuraikan Sekretaris DPC Gerindra Polewali Mandar, partai Gerindra Polewali Mandar, bermasalah di Silon, pada daerah pemilihan Kecamatan Polewali Binuang.


Surat keputusan keluar dari DPP Gerindra mestinya setiap 3 Bacaleg harus ada keterwakilan perempuan, namun surat keputusan dibuat DPP Partai Gerindra semua laki-laki.


DPC Partai Gerindra Polewali Mandar, berkonsultasi ke KPUD Polewali Madar. Disebabkan tidak sesuaian Daftar Bacaleg diserahkan dengan surat keputusan DPP Partai Gerindra. (Foto : Nadi).

"Di Silon KPU Pusat dari DPP Partai Gerindra, keterwakilan perempuan tidak memenuhi syarat, khususnya daerah pemilihan 1 Kabupaten Polewali Mandar." Jelasnya.


Dingkapkan Sekretaris DPC Partai Gerindra Polewali Mandar, selanjutnya akan melakukan koordinasi dengan DPP Partai Gerindra, untuk segera meralat surat keputusan Bacaleg daerah pemilihan 1 Kabupaten Polewali Mandar. 


Setelah rampung, mulai hari ini, segera kembali menyerahkan dokumen persyaratan Bacaleg fisik ke KPUD Polewali Mandar.


"Mulai hari ini, akan meminta ralat surat keputusan daerah pemilihan 1 yang bermasalah di DPP Gerindra. Demi menyelesaikan pendaftaran Bacaleg ke KPUD Kabupaten Polewali Mandar." Sebutnya.


Dilanjutkan Sekretaris DPC Partai Gerindra Polewali Mandar, seluruh Bacaleg Partai Gerindra sudah memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan, sebagaimana ditentukan dalam undang-undang Pemilu 2024. Dimana Bacaleg merupakan kader lama disiapkan untuk bertarung di Pemilu 2024.


"Semua Bacaleg merupakan kader lama dan memang telah disiapkan bertarung di Pemilu, sesuai gerakan perjuangan Partai Gerindra." Harapnya.


Disampaikan sekretaris DPC Partai Gerindra Polewali Mandar, untuk Pemilu 2024 menargetkan pertahankan kursi di DPRD Kabupaten Polewali Mandar. 


Namun jika mampu melebihi kursi DPRD Kabupaten Polewali Mandar sekarang, merupakan keberhasilan luar biasa.


"Partai Gerindra Polewali Mandar, realistis menargetkan kursi di Pemilu 2024 mendatang. Dengan mempertahankan kursi DPRD Kabupaten Polewali Mandar sekarang sebanyak 6 kursi." Tutupnya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kendala Teknis, Golkar dan Gerindra Polman Konsultasi Bacaleg di KPUD

Trending Now

Iklan

iklan