Iklan


 

Tim Sar Gabungan Evakuasi Korban Banjir, Berikut Wilayah Terdampak

Jumat, 05 Mei 2023 | 00:35 WIB Last Updated 2023-05-05T06:24:20Z

Tim sar gabungan Kabupaten Polewali Mandar, evakuasi korban banjir di Desa Pasiang, tadi sore. (Foto : Dok Basarnas Unit Siaga Polman).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Tim SAR gabungan Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. melakukan evakuasi korban banjir di Desa Pasiang, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polman.


Evakuasi warga diutamakan ibu hamil, bayi, anak dan lanjut usia ke tempat lebih aman, demi terhindar terjadinya korban jiwa dan kerugian material lebih besar.


Kepala Basarnas Pencarian dan Pertolongan Unit Siaga Polewali Mandar, Asmar Gunawan, menyatakan, seluruh kekuatan Basarnas Unit Siaga Polewali Mandar, telah diterjunkan melakukan pertolongan evakuasi korban banjir di Pasiang, sesuai pemberitahuan warga dan pemerintah desa setempat.


"Personil Basarnas melakukan evakuasi warga korban banjir di Desa Pasiang. Mendatangi satu persatu rumah warga yang terendam banjir. Kemudian membawanya ke tempat lebih aman sejak pukul 14.20 Waktu Indonesia Tengah." Jelasnya.


Kepala Basarnas Unit Siaga Polewali Mandar, hingga malam ini personil Basarnas bersama tim sar gabungan, dari TNI Kodim 1402/Polewali Mandar, Kepolisian Polres Polewali Mandar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Polewali Mandar, Damkar Polewali Mandar, Pemerintah setempat dan Tim Rescue Unit Siaga SAR Polewali Mandar, masih melakukan evakuasi warga dan menghimbau yang bertahan di rumahnya untuk meningkatkan kewaspadaan.


"Tim gabungan Kabupaten Polewali Mandar, hingga pukul 22.44 waktu setempat, masih melakukan evakuasi kepada warga di Desa Pasiang dan sejumlah desa di Kecamatan Matakali." Tandasnya.


Tim sar gabungan Kabupaten Polewali Mandar, evakuasi korban banjir di Desa Pasiang, tadi sore. (Foto : Dok Basarnas Unit Siaga Polman).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Polewali Mandar, Andi Afandi Rahmat menyampaikan, banjir melanda Kecamatan Binuang, Polewali, Anreapi, Matakali, Matanganga, Tapanggo dan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. Kamis, 04 Mei 2023.


Kondisi ini akibat curah hujan sangat tinggi, mulai pukul 13.00 hingga 21.33 Waktu Indonesia Tengah. Namun banjir terparah di Kecamatan Matakali, Binuang dan Polewali. Karena banjir memasuki pemukiman warga dan meluap ke jalan trans sulawesi, menyebabkan kendaraan berhenti sementara melintas.


"Warga Desa Pasiang, Kecamatan Matakali, telah diungsikan ke rumah keluarga terdekat dari sore tadi. Karena kondisi banjir terus meninggi hingga petang." Jelasnya.


Dipaparkan Kepala BPBD Polewali Mandar, kendati pun air sudah surut saat ini, tim sar gabungan Kabupaten Polewali Mandar, tetap meningkatkan kewaspadaan saat terjadinya hujan dalam waktu melebihi dua jam. Utamanya pada malam hari dan persiapkan melakukan evakuasi mandiri.


"Tim sar gabungan telah menyampaikan kepada warga dan pemerintah setempat selalu meningkatkan kewaspadaan. Bila terjadi hujan deras dalam waktu lama." Ujarnya.


Berdasarkan informasi dihimpun Polewali Terkini. Net. Banjir terparah terjadi di Desa Pasiang, Patampanua, Kecamatan Matakali. Kelurahan Amassangan Kecamatan Binuang. Desa Ba'ba Tapua dan Rangoan, Kecamatan Matangnga. Desa Tapango Barat dan Desa Dakka, Kecamatan Tapango serta sebagian Desa di Kecamatan, Mapilli.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Sar Gabungan Evakuasi Korban Banjir, Berikut Wilayah Terdampak

Trending Now

Iklan

iklan