Iklan


 

Dua Nelayan Pinrang Hilang Ditemukan di Tanjung Buku Polman

Selasa, 22 Agustus 2023 | 23:38 WIB Last Updated 2023-08-22T15:38:42Z

Tim Sar Gabungan Kabupaten Polewali Mandar dibantu BPBD Pinrang, temukan dua nelayan hilang, dalam keadaan selamat di Perairan Kabupaten Polewali Mandar. (Foto : Dok Basarnas Unit Siaga Polman).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Dua nelayan, Desa Waka, Kecamatan Cempa, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Bernama Cummang Lakis berumur 40 tahun dan Reyhan berumur 14 tahun, ditemukan selamat oleh Tim Gabungan Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. 


Tim ini dibantu Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten Pinrang di Perairan Tanjung Buku, Desa Buku, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar. Pada pukul 18.45 Waktu Indonesia Tengah. Selasa, 22 Agustus 2023.


Kepala Basarnas Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan Polewali Mandar, Asmar Gunawan, menyampaikan. Dua nelayan asal Kabupaten Pinrang, yang saat melaut mengalami mati mesin kapal. Sehingga dinyatakan hilang di laut, kemudian dilaporkan keluarga ke Badan Penanganan Bencana Daerah Kabupaten Pinrang, untuk dilakukan pencarian dan pertolongan di perairan Kabupaten Pinrang hingga perairan Kabupaten Polewali Mandar.


"Kedua nelayan hilang merupakan warga Pinrang, akibat mati mesin kapal pada pukul 07.00 waktu setempat. Terombang ambing di perairan Kabupaten Polewali Mandar. Sehingga dilakukan operasi pencarian dan pertolongan hari pertama oleh tim Sar Gabungan Kabupaten Polewali Mandar di perairan Kabupaten Polewali Mandar." Tegasnya.


Disebutkan Kepala Basarnas Unit Siaga Polewali Mandar. Tim Sar Gabungan Kabupaten Polewali Mandar dibantu BPBD Kabupaten Pinrang, mulai melakukan pencarian dan pertolongan pada  16.08 Waktu Indonesia Tengah, menggunakan Dmax Double Cabin dan Rubber Boat. 


Kedua  nelayan ditemukan selamat di Radial 324 derajat sejauh 3.08 Kilo mail atau kurang lebih 5 Kilometer dari lokasi kejadian dugaan nelayan hilang. Pada pukul 18.45 Waktu setempat Kemudian evakuasi mengunakan perahu karet Basarnas ke darat Desa Buku, Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar. Lalu dibawa ke Puskesmas Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar untuk mendapatkan penanganan kesehatan.


Tim Sar Gabungan Kabupaten Polewali Mandar dibantu BPBD Pinrang, temukan dua nelayan hilang, dalam keadaan selamat di Perairan Kabupaten Polewali Mandar. (Foto : Dok Basarnas Unit Siaga Polman).

"Setelah ditemukan dalam selamat kedua nelayan langsung dievakuasi Tim Sar Gabungan Polewali Mandar ke daratan. Dilanjutkan dibawa ke Puskesmas pemeriksaan kesehatan." Jelasnya.


Diuraikan Kepala Basarnas Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan Polewali Mandar. Setelah kondisi kesehatan membaik, kedua nelayan tersebut dibawa BPBD Kabupaten Pinrang ke Kabupaten Pinrang, dipertemukan keluarganya di Desa Wakka, Kecamatan Cempa, Kabupaten Polewali Mandar.


"BPBD Pinrang, telah membawa kedua nelayan ke Kabupaten Pinrang untuk diserahkan kepada keluarganya." Paparnya.


Ditambahkan Kepala Basarnas Unit Siaga Polewali Mandar, dengan ditemukan kedua nelayan tersebut, operasi pencarian dan pertolongan dinyatakan resmi ditutup. 


Kemudian mengucapkan terimakasih kepada semua unsur Tim Sar Gabungan Kabupaten Polewali Mandar dan masyarakat, yang terlibat secara langsung dan tidak terlibat secara langsung.


"Operasi pencarian dinyatakan ditutup, dengan semua unsur Tim Sar Gabungan dikembalikan ke satuannya masing-masing, dan berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat membantu pencarian." Harapnya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dua Nelayan Pinrang Hilang Ditemukan di Tanjung Buku Polman

Trending Now

Iklan

iklan