Iklan


 

Sehari Pasca Launching, Pasar Sore TPI Polewali Ditinggal Pedagang

Rabu, 20 Maret 2024 | 01:34 WIB Last Updated 2024-03-19T17:35:49Z

Lokasi pasar sore TPI Kelurahan Lantora, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat, nyaris kosong melompong pasca peresmian. (Foto : Ag).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, meresmikan pasar ikan dan kuliner ramadan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Lantora Kecamatan Polewali. Kamis, 14 Maret 2024 lalu. 


Peresmian tersebut berlangsung meriah, dihadiri sejumlah pimpinan OPD, Camat, Lurah, Kapolsek Polewali dan perwakilan Basarnas.  


Tampak terlihat belasan pedagang menjajakan dagangannya di acara launching pasar sore ini, acara launchingnya pun disiarkan Dinas Kominfo Polman di kanal YouTube. 


Kepala DKP Polman, Ahmad Kilang mengungkapkan, kehadiran pasar sore TPI Polewali ini diharapkan mampu meningkatkan pemasaran hasil laut lokal. 


Sehingga para nelayan dan pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan dapat dengan mudah menjual hasil tangkapannya secara langsung kepada konsumen.


Lokasi pasar sore TPI Kelurahan Lantora nyaris kosong melompong. (Foto : Ag).

"Semoga pasar sore TPI Polewali dapat menjadi pusat kegiatan ekonomi baru bagi masyarakat sekitar." Jelasnya. 


Sayangnya acara seremonial ini jauh panggang dari api, sehari setelah launching, pasar sore TPI Polewali ditinggalkan para pedagang.


Dari pantauan di lokasi, hanya satu pedagang yang tersisa, pedagang berusia paruh baya itu menjajakan hasil laut ikan dan kepiting di atas meja kayu dagangannya. 


Pedagang yang tersisa di pasar sore TPI tersebut bernama Ruhana, ia berdomisili tak jauh dari lokasi TPI, kata dia, sehari pasca dilaunching, pasar sore TPI Polewali sudah ditinggalkan pedagang.


Sebab para pedagang lebih memilih berdagang di pasar baru dan area terminal lama Polewali yang lokasinya lebih strategis. 


"Belum ada pedagang yang datang berjualan lagi, karena pasar yang ada di terminal Polewali belum dipindahkan kesini, sejak launching pasar sore saya sudah berjualan di sini." Bebernya, saat ditemui di lokasi TPI Polewali. Senin, 17 Maret 2024.


Dari 100 pedagang ikan tampak ibu pedagang bertahan di Lokasi pasar sore TPI Kelurahan Lantora nyaris kosong melompong. (Foto : Ag).

Terpisah, Penanggung Jawab TPI Polewali, Azhar mengakui kondisinya memang sudah seperti itu, pasar ikan TPI Polewali hanya program dadakan yang tidak masuk dalam perencanaan kegiatan.


"Para pedagang ini hanya panas tai ayam semua." Kesalnya saat dikonfirmasi. 


Lanjut Azhar, saat pendaftaran pedagang pasar sore TPI Polewali dibuka sebelum launching, tercatat 100 lebih pedagang yang mendaftar.


Namun saat di launching tidak banyak pedagang yang datang, karena kata dia mereka saling berharap mau masuk berjualan.


"Saya hanya menjalankan apa yang diperintahkan pimpinan, kegiatan peresmian ini hanya menggunakan anggaran makan minum rapat, yang anggarannya untuk membeli kue dan meminjam tenda Disperindagkop." Pungkasnya.


Laporan : Ag/Suk

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sehari Pasca Launching, Pasar Sore TPI Polewali Ditinggal Pedagang

Trending Now

Iklan

iklan