Minggu, 22 Oktober 2017

Hari Santri di Pusatkan di Masjid Agung Syuhada Polman
Polman Gelar Kirab Santri
POLEWALITERKINI.NET – Ribuan santri dari sejumlah pondok pesantren se Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mengikuti Hari Santri Nasional ke 3 tingkat Kabupaten tahun 2017,  dengan tema “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”. Minggu (22/10/2017).

Kegiatan diawali Shalat Dhuha berjamaah di Imani Syech Ahmad Fauzi Jafar Thoha Al Mahdaly, dilanjutkan dzikir dan doa bersama dipimpin Ahmad dari pondok pesantren Narul Ulu, Taushiyah dipimpin Uts Syech Ahmad Fauzi Jafar Thoha Al Mahdaly di Masjid Agung Syuhada, Polman.

Dalam kegiatan hadir Kepala Kementerian Agama Wilayah Sulbar, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Polman, Muhdin, Imran Kaljubi dan ribuan pimpinan pondok pesantren se Kabupaten Polman.

Dalam Taushiyah Uts Syech Ahmad Fauzi Jafar Thoha Al Mahdaly menjelaskan hari santri merupakan perjuangan para ulama seluruh Indonesia. Untuk peringati perjuangan para ulama maka dilakukan hari santri.

"Hari santri nasional diperingati untuk mengahargai jasa-jasa para ulama dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sehingga santri dari pondok pesantren terus ikut menjaga dan pertahankan kemerdekaan." Ujarnya di mimbar Masjid Agung Syuhada Polman.

Dia tambahakan, santri yang ada di pondok pesantren harus mampu pertahankan tradisi ulama, yakni mencetak santri mengahafal kitab suci Al Quraan 30 Juz, bersama kitab kuning. Serta ikut mewujudkan pembangunan melalui lembaga pendidikan.

"Menghafal Al-Quraan dan kitab sahi sudah menjadi makanan pagi santri, sebagai tradisi ulama. Dan pondok pesantren adalah wadah pencetakan ulama-ulama pengerak kemajuan bangsa." Sebutnya.

Sementara Kanwil Kemenang Sulbar, Muhdin menyebutkan kegiatan hari santri nasional, 22 Oktober diperingati sebagai ungkapan kebersamaan pondok pesantren dalam mewujudkan pembangunan berbasis keagamaan.

"Hari santri nasional, hari ini dilakukan untuk membuktikan kepada dunia, bahwa kalangan dari pondok pesantren merupakan pilar perjuangan bangsa." Tandasnya.

Acara hari santri nasional tingkat Kabupaten Polman diakhiri dengan kirab santri atau gerak jalan santai yang dilepas Kawil Kemenang Sulbar, Muhdin, dari Masjid Agung Syuhada Polman, Kelurahan Pekabata, Kecamatan Polewali menuju Masjid Mutaqqin, Kelurahan Wattang, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polman.
Laporan  :  Nadi