.

.

Senin, 25 Juni 2018

Kayu Jenis Uru Diamankan Polisi Hutan di Polman
POLEWALITERKINI.NET – Polisi Hutan Kawasan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) UPTD Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, tahan Ratusan Lembar Kayu Cempaka jenis Uru dari Kabupaten Mamuju tujuan Kabupaten Tanah Toraja, Sulawesi Selatan.

Pemilik kayu UD. Rimba Jaya mendistrisusikan kayu sekira  12 kubik hasil somel kayu sudah jadi papan. Petugas Penjagaan Pos Polisi Kehutaan menahan mobil pengangkut di jalan poros Polman – Pinrang, Kecamatan Binuang. Jumat kemarin. (22/06/2018).

Penyidik  PPNS Dinas Kehutanan Provinsi Sulbar, Nurdin Saleh ditemui di kantor KPHL Mapilli. Senin, 25 Juni 2018 membenarkan adanya penangkapan Ratusan Lembar kayu asal Kabupaten Mamuju tujuan Kabupaten Tanatorja (Tator).

Kata dia, petugas melakukan penahanan lantaran diduga dokumen yang diperlihatkan supir truk tak sesuai dengan muatannya, Sementara waktu menahannya sambil menunggu petugas melakukan lacak balak dimana tempat lokasi pengambilan kayu.

Untuk memastikan kayu berasal dari kawasan hutan petugas kemudian akan berkoordinasi dan melakukan lacak balak dimana kayu tersebut di tebang sebelum dikelolah pengusaha.

"Yang jelas untuk sementara kayu ini kita sita untuk proses penyelidikan jenis kayunya apakah dari kawasan atau luar kawasan, untuk itu supirnya sudah kita mintai keterangan dari mana kayunya. Dan selanjutnya akan dilakukan lacak balak.” Kata Penyidik PPNS, Nurdin Saleh.

Dia tambahkan, setelah melakukan penyelidikan dan lacak balak dan ditemukan dakta kayu berasal dari kawasan hutan tentu rana nya ke pidana, namun jika sebaliknya kayu di luar kawasan pemilik kayu akan dikenakan denda administrasi.

“Saat ini truk dan isi kayu telah diamankan dikantor UPTD KPLH Mapilli, Kabupaten Polman. Selanjutnya menunggu hasil penyelidikan.” Kata Saleh.

Laporan  :  Z Ramadhana.

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini