*** GUNAKAN MASKER PADA TEMPATNYA , LINDUNGI DIRI, LINDUNGI SESAMA ***

Kamis, 27 Juli 2017

Bupati Lerpas CJH Kabupaten Polman
POLEWALITERKINI.NET – Bupati Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Andi Ibrahim Masdar melepas secara resmi Calon Jemaah Haji (CJH) kabupaten Polman di MAsjid Syuhada. Kamis, 27 Juli 2017 untuk pemberangkatan Agustus mendatang. Kamis (27/07/2017).

Sebanyak 510 JCH ditambah 2 TPHD yang tergabung dalam 3 kloter dilepas secara simbolis oleh Bupati.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar berpesan agar para jemaah menjaga kondisi tubuh dengan baik sebelum bertolak ke Arab Saudi. Pasalnya, kondisi cuaca di Arab Saudi jauh lebih panas dibandingkan dengan cuaca Indonesia.

"Persiapkan kondisi tubuh dan jaga kesehatan, usahakan periksa kesehatan anda secara rutin sejak sekarang." Kata Andi Ibrahim Masdar.

Bupati merinci cuaca di Mekah mencapai 47°celcius dan lebih panas lagi Madinah. Kata dia, perjalanan haji membutuhkan kondisi tubuh yang fit apalagi pelaksanaan ibadah haji menghampiri 30 hari lamanya.

"Jangan paksakan jalan kalau tidak mampu, kalau perlu naik kereta saja terutama pada orang tua." Jelasnya.

Kepada Kementerian Agama, Bupati berharap agar memperhatikan betul jemaah, terutama satu orang jemaah yang terpisah dari rombongan dan bergabung dengan rombongan kloter daerah kabupaten lain. Ia juga meminta agar kementerian agama dapat menyeleksi JCH yang betul-betul adalah warga Polman.

"Semoga kembali menjadi haji yang mabrur." Tutupnya.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Polewali Mandar, Imran Kaljubi Kesa mengatakan, dari 512 CJH Polman terdiri dari 509 CJH reguler, Satu orang CJH masuk dan tim pendamping haji 2 orang.

"Rincian JCH laki-laki 132 orang dan JCH perempuan 380 perempuan atau 1 berbanding 3." Ujarnya.

Lanjut Imran, usia CJH termuda adalah 24 tahun dan CJH tertua 87 tahun. Latar belakang pendidikan CJH meliputi pendidikan sekolah dasar (SD) sebanyak 222 orang atau 43%, pendidikan SMP, 55 orang, SLTA, 129 serta 106 pendidikan tinggi.

"CJH ini didominasi pendidikan SD." Ungkapnya.

Menurut dia pemberangkatan kloter pertama menuju Makassar dijadwalkan 10 Agustus dan 11 Agustus menuju Arab Saudi.

"Kloter selanjutnya, yakni kloter 26, 27, dan 28 akan berangkat pada 19 dan 21 Agustus mendatang." Jelas Imran K Kesa.

Laporan  :  Z Ramadhana



PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini

INFO CORONA