*** GUNAKAN MASKER PADA TEMPATNYA , LINDUNGI DIRI, LINDUNGI SESAMA ***

Rabu, 26 Juli 2017


Suasana Kuliah Umum Pra PIFAF 2017
Bupati Jadi Pemateri Pra PIFAF 2017
AIM Paparkan Potensi Wilayah Kabupaten Polman
POLEWALITERKINI.NET – Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dispop) Polman menggelar kegiatan pra PIFAF di gedung aula BKDD Polman, Selasa 25 Juli.

Pemateri di kegiatan pra PIFAF ini yakni Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar serta Rektor Unsulbar Akhsan Djalaluddin. 

Dihadapan 33 orang wisatawan mancanegara dari 13 negara, Andi Ibrahim mengatakan Polman saat ini sudah menjadi daerah penyangga pangan nasional dan penyangga pangan sulbar, selain beras juga ada hasil kakao yang sudah bekerjasama dengan perusahaan besar indonesia.

"Polman sudah dikenal sebagai daerah penyuplai beras, disamping juga ada kakao juga ada kelapa yang sudah bekerjasama dengan perusahaan nestle." Kata Ibrahim.

Hasil laut Polman lanjut AIM saat ini sudah berkurang secara drastis dari sebelumnya karena adanya kebijakan pusat dan sudah diambil provinsi.

"Dulu hasil.laut Polman melimpah tetapi sekarang karena kewenangan laut sudah diambil alih provinsi sehingga hasil laut berkurang secara siginifikan." Kata Andi Ibrahim Masdar.

Selain itu, kata Ibrahim, tempat wisata di Polman sangat banyak mulai dari wisata laut, gunung dan sungai.

"Kalau mau berpanas panasan bisa ke pantai atau laut juga ada air terjun dan juga pemandian air panas dari panas bumi. dan daerah ini punya suku lokal namanya Pattae, Bugis Toraja, Panai dan banyak lagi." Ujarnya.

Menurutnya pendapatan perkapita Polman terus merangkak naik dari tahun ke tahun.

"Pendapayan perkapita disini selalu naik dari Rp. 80 Miliar naik menjadi Rp.125 Miliar, dan keseluruhan total anggaran yang dikelola Polman Rp.3,5 triliun." Ujar Andi Ibrahim Masdar.

AIM Tambahkan, masyatakat Polman terfokus pada mata pencaharian nelayan, petani dan kerajinan tangan sarung sutra mandar yang dikelola Disperindag dan Disbudpar.

"Mata pencaharian masyarakat Polman terbesar adalah petani dan nelayan, kemudian disini kita punya 300 SD, 150 SMP, SMA/ SMK sebanyak 62, dan hampir semua prestasi sudah di dapatkan." Ungkap Andi Ibrahim Masdar.

Dia berharap para wisatawan tak panik jika cuaca Polman panas dan menyengat.

"Polman ini memang cuacanya panas, karena kehidupan orang suku mandar nanti bisa bekerja kalau cuaca nya panas, karena mereka tidak terbiasa dengan cuaca dingin" Tutur Ibrahim.

Laporan  :  Z Ramadhana

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini

INFO CORONA