Iklan


 

Malam ini Tampil di Panggung PIFAF, Siapa Sri Mulyani dan Apa Prestasinya? Simak

Sabtu, 04 Agustus 2018 | 17:28 WIB Last Updated 2018-08-04T10:01:37Z
Sri Mulyani Pimpinan Sanggar Mulyo Ludo Surabaya
Berbagai Prestasi Diraih Ibu Sri Mulyani
POLEWALITERKINI.NET – Ketua Pusat Olah Seni dan Budaya Mulyo Joyo Enterprise Surabaya, Sri Mulyani dijadwalkan akan pentas di panggung utama Polewali Mandarnesia International Folk and Art Festival (PIFAF) 2018. Sabtu (04/08/2018) di area Sport Center Kabupaten Polewali Mandar.
Lahir 24 November 1975 di Surabaya. 

Sri Mulyani dikenal sebagai koreografer yang cukup berpengalaman. Sepak terjangnya dalam dunia tari tak diragukan dalam setiap unjuk karya-karyanya.

Sri Mulyani dibesarkan di lingkungan dunia tari. Sejak kecil sudah berlatih menari. Nafas dan kerinduan akan makna-makna dalam setiap gerak tari hingga kini masih mengusik hatinya dalam pencarian jati diri di hamparan gerak dan ruang dunianya tanpa batas.

Pengalaman dan prestasi yang pernah dilakukan Sri Mulyani, baik pengalaman sebagai penari, workshop tari, kolaborasi, pinata tari maupun berkiprah pada seni pertunjukan. Segudang pengalaman telah ia raih.

BERIKUT DERETAN PRESTASI YANG PERNAH DIRAIH SRI MULYANI
 
Di tahun 1997 berkolaborasi dengan seniman perancis, dalam kerjasama pemerintah Indonesia dan Perancis bertajuk Festival Tour de France. Pertunjukan keliling di 25 kota yang menghabiskan waktu toga bulan mengusung cerita dari Iraq mengenai sejarah mesopotamia yaitu berjudul Pengembaraan Gilgamesh L’eppope de Gilgamesh.

Di tahun 2004 Sri Mulyani kembali mengadakan pertunjukan pada acara Indonesia Festival di Darling Harbour, Sydney Australia. Di dalam acara ini pula telah memberikan workshop tari, musik Karawitan dan tembang pada mahasiswa Universitas of Sydney.

Di tahun yang sama sukses besar telah diraih Sri Mulyani, saat bergabung dengan kelompok musik Etnik Kontemporer Gamelan Performance dari Sidoarjo Jawa Timur dan berkolaborasi dengan kelompok musik Khahanan Jakarta. Kesuksesan pada kegiatan ini tidak terlepas dari peran penting Sri Mulyani sebagai koreografernya.

Di awal tahun 2005, Tari Panji Klaras Keboan Sikep telah menuai sukses pada peristiwa perhelatan pertunjukan Tari di Jawa Timur yang kemudian digelar di Jakarta pada FKTI atau Festival Karya Tari Indonesia. Hasilnya, koreografinya mendapatkan predikat juara umum. Puncaknya pada pagelaran akbar Nasional yaitu pada 65 tahun Indonesia Merdeka di Istora Senayan Jakarta. 

Tahun 2006 Festival Cak Durasim yang diselenggarakan oleh Taman Budaya provinsi Jawa Timur telah memilih karya Sri Mulyani sebagai penampil utama. Pada kesempatan ini karya yang ditampilkan berjudul Payah. Di tahun yang sama karya ini pula ditampilkan Koreografi Lintas Generasi di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Di tersebut tari panji Klaras Keboan Sikep juga telah terpilih sebagai Performer Utama pada IDF VIII atau Indonesian Dance Festival ke VIII di Gedung Kesenian Jakarta.

Di tahun yang sama Sri Mulyani telah unjuk karya seni pertunjukan yang meramu musik gamelan dengan mengambil spirit karya sastra besar ceritera Ramayana yang diberi judul Sukesi Swargo, karya ini telah dapat mengambil hati penonton di acara Festival Ramayana Internasional yang diselenggarakan di Pulau Dewata Bali.

Setelah meraih sukses tersebut, pada tahun 2007 Sukesi Swargo telah diusung ke Jawa Tengah tepatnya di Surakarta, acara ini diprakarsai oleh kementrian budaya dan pariwisata pusat Jakarta, dengan tajuk Indonesia Performing Arts Mart 2007.

Karya tari yang berjudul Negeri Limbah tahun 2007 telah ditampilkan di Festival Cak Durasim, Gedung Cak Durasim Kompleks Taman Budaya Provinsi Jawa Timur. Koreographi Negeri Limbah ini, terinsipirasi sebuah negeri yang tak ubahnya sebagai tempat pembuangan akhir.

Tahun 2008 pemerintah Provinsi Jawa Timur, dengan melalui sub dinas kebudayaan Dinas P Dan K provinsi Jawa Timur telah mendapatkan undangan untuk tampil pada acara Mesir Annual Festival di kota Manisa, provinsi Izmir Negara Turkiye . Keterlibatan delegasi kesenian Jawa Timur telah memilih Sri Mulyani sebagai penata geraknya.

Di tahun 2008, Sri Mulyani telah terpilih oleh para Mentoring IDF 9th atau Indonesia Dance Festival ke 9 dengan judul karya Sri Boyong, yang ditampilkan di Theater kecil kecil Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Ditahun 2009 pada tanggal 6 bulan Juni, karya Sri Mulyani yang berjudul Kidung Banjar Panji diundang untuk tampil di acara Opening IPAM 2009 di Mangkunegaran, Surakarta.

Tahun 2010 bulan Juni, Sri Mulyani Menciptakan karya Abhabha’ yang mengangkat spirit sisi kehidupan masyarakat pandalungan dengan diekspresikan dalam karyanya yang berwujud para wanita pekerja buruh tambak tapi dia masih mengais rejeki melalui kesenian dengan berprofesi sebagai sinden atau tandak. Karya ini terpilih sebagai karya terbaik Pekan Seni Mahasiswa tingkat Regional se Jawa Timur.

Pada tanggal 20-24 Juni 2010 Sri Mulyani ditunjuk sebagai Koreografer Jawa Timur untuk kolaborasi dalam seni pertunjukan yang berjudul Lur Gulur E Tanah Kapoor ditampilkan di Temu Taman Budaya Se Indonesia di gedung Hindustan Riau, Sumatra.

Pada bulan September 2010, Sri Mulyani menciptakan karya berjudul Mapangha’ Bhalabar’ untuk ujian karya akhir S1 di Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya. Sebuah karya yang mengangkat upacara pemutusan tujuh nafsu kejahatan dalam diri manusia, yang bersumber dari budaya masyarakat Madura barat seperti daerah Sumenep dan sekitarnya.

Di tahun yang sama pada bulan Oktober 2010 Sri Mulyani menciptakan karya Bedhaya Cakra Manggilingan terpilih  10 Penyaji terbaik se Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Budaya provinsi Jawa Timur di Gedung Cak Durasim Surabaya.

Pada tahun 2011 bulan Maret 2011, Sri Mulyani menciptakan karya tari Satriya Jenggolo, yang ditampilkan di acara Apresiasi seni bagi Guru dan Siswa di Puspo Agro Jemundo Sidoarjo. Acara tersebut diselenggarakan oleh UPT. Pendidikan dan Pengembangan Kesenian Sekolah Provinsi Jawa Timur.  Dengan mengangkat spirit siswa-siswa putra tingkat sekolah dasar yang semangat belajar disekolahnya tapi mereka juga  punya kemauan untuk belajar berkesenian tari. Hal ini karena upaya Sri Mulyani ingin memupuk pada siswa putra mulai tingkat sekolah dasar, agar lebih banyak yang mencintai dan mau belajar kesenian tradisional melalui seni tari. Sehingga di Jawa Timur banyak terlahir penari putra.

Tanggal 13-16 April 2011 Sri Mulyani mengusung karyanya yang berjudul Kamalagyan tampil pada acara Pasamuan Kerukunan Antar Umat Beragama Internasional di Gianyar, Bali. Karya ini tercipta karena terinpirasi dari prasasti Kamalagyan yang ada di desa Waringin Sapta kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo yang di bangun oleh Raja Airlangga. Dibatu Prasasti tersebut tertulis dalam bahasa sansekerta tentang aliran bendungan air yang telah dibangun sebagai tanda agar masyarakat menjaga keadaannya dalam hidup senantiasa dapat terselamatkan dari bencana, kehidupannya makmur dan tentram serta damai.

Pada tanggal 5 - 10 Juli 2012. Panggung Gembira, Promosi UKM dan Pameran Produk TKI Kreatif Tahun 2012, di Victoria Park Hong Kong.

Pada tanggal 8 Juli 2012, menciptakan karya tari YOSAKOI yang ditarikan oleh 30 (tiga puluh) Karyawati PT SAI Kabupaten Mojosari Provinsi Jawa Timur dengan iringan musik Yosakaoi dari Japan. Yang dikutsertakan dalam Festival Yosakoi yang diselenggarakan oleh Konsulat Jepang dan Pemerintah Kota Surabaya. Dan meraih Juara Umum.

Pada tanggal 16 - 20 Agustus 2013 tampil pada acara Panggung Gembira, di Victoria Park Hong Kong, dengan tema “ Menjaga Stabilitas politik dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat.

Pada Bulan Mei 2014 Sri Mulyani Kembali berkiprah dalam melahirkan karya barunya berjudul ONCOR TAMBAYU yang mengusung Oncor Bambu  bukan semata mata berwujud cahaya penerang dalam gelap, saat digunakan syukuran panen tambak, tetapi merupakan symbol penerang dalam ajaran kehidupan. Karya ini mengambil dan mempelajari makna  Oncor Bambu sebagai penyemangat masyarakat  Tambak  Medokan  Ayu (Tambayu) untuk pantang menyerah dalam mengelola tambak dan selalu mensyukuri hasil panennya. Dan Karya ini meraih penghargaan 10 karya tari terbaik di Kota Surabaya yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Surabaya.
    
Pada bulan Agustus 2015 Sri Mulyani Meciptakan karya tari baru  berjudul Kharisma Surabaya, yang terinspirasi oleh sosok pemimpin yang sederhana telah memberi spirit membangun Citra Kota Surabaya yang semakin moncer prestasinya dan kini saatnya sebagai generasi muda kita teruslah membangun Surabaya. Dan karya ini meraih penghargaan terbaik unggulan dalam program Festival cipta karya tari Surabaya diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Surabaya.

Sri Mulyani melahirkan karya tari berjudul Sekar Kedaton Sedap Malam dan meraih Tiga Penghargaan yakni sebagai Juara Penyaji Terbaik I, Pencipta Tari Terbaik, Pencipta Musik Terbaik pada acara Festival Cipta Karya Tari 2017 di Surabaya yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya pada tanggal 29 April 2017. Karya tersebut ditampilkan dalam kolaborasi seni pertunjukan dengan 11 Negara pada acara Cross Culture 2017di Kota Surabaya pada tanggal 16 Juli 2017.

Sanggar Mulyo Joyo Enterprise yang didirikan oleh Sri Mulyani, S.Sn, M.Sos karyawati Bank BPR Jatim Bank UMKM Jawa Timur Staf Divisi Pertanian pada tahun 2013. Telah mendapat kesempatan yang sangat baik, bagi Sri Mulyani bersama penari yang dibinanya karena dapat memenuhi undangan dari Bapak Tantowi Yahya Duta Besar Selandia Baru (New Zealand) di KBRI Wellington, pada salah satu acara Diplomasi dengan menyajikan sebuah pertunjukan kolaborasi tarian dengan group gamelan Taniwha Jaya dari Wellington dalam malam apresiasi budaya bertema “ Bali, the sounds of sights of heaven pada tanggal 11 - 15 Desember 2017. Kolaborasi pertunjukan ini bermanfaat sebagai jalinan hubungan antar bangsa melalui kesenian dengan menampilkan tiga tarian Bali yaitu Tari Pendet, Cendra Wasih dan Truna Jaya tim Sri Mulyani juga memperkenalkan sekaligus mengajarkan teknik dasar gerak didalam program kegiatan workshop tari gaya jawa timuran di beberapa sekolah Wellington diantaranya yaitu Qlyde Quay School, St Teresa Karori School, dan di KBRI Wellington.
   
Di tahun 2018 tepatnya tanggal 29 Maret, Sri Mulyani telah mencipta karya kari berjudul GEDHOG SURABAYA dan meraih penghargaan Penyaji Unggulan terbaik di Pekan Cipta Seni Pertunjukan (Tari Pergaulan) Se Jawa Timur.

Sri Mulyani menciptakan tarian yang bertema tentang toleransi dan kebersamaan pada 23 April 2018 berjudul Rerukun. Dan meraih terbaik pada FLS2N tingkat SMP di  Surabaya.

Pada 28 April 2018 telah tercipta karya tari berjudul MUSTIKA PRABAN KINCO yang dicipta oleh Sri Mulyani untuk mewakili Kota Surabaya dalam Festival Karya Tari Jawa Timur  dan meraih penghargaan Penyaji Unggulan terbaik se Jawa Timur.

Kiranya tidak berlebihan jika masih banyak karya-karya yang menyentuh dari koreografer yang masih terus produktif yaitu Sri Mulyani ini. Kepiawaian dan kecerdasannya dalam menuangkan ide dan gagasan pada dunia tari, memiliki nafas ketimuran yang jelas, sehingga biasanya telah membuka jendela kesetaraan tanpa adanya dikotomi diantara cap-cap yang konon merupakan pertanda dari dinamika sebuah jaman.(***)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Malam ini Tampil di Panggung PIFAF, Siapa Sri Mulyani dan Apa Prestasinya? Simak

Trending Now

Iklan

iklan