Iklan


 

Polda Sulbar Sambut Polisi Baru Dengan Penyiraman Kaki Orang Tua

Kamis, 14 Maret 2019 | 22:26 WIB Last Updated 2019-03-14T14:26:48Z



POLEWALITERKINI.NET – Sambut Polisi Baru atau Bintara Remaja Diktuk Brigadir diwarnai long March dari Polsek Kota Mamuju dan finish di Lapangan Apel Mapolda Sulawesi Barat dengan berjalan kaki, Kamis (14/03/19).

Dari 184 orang polisi muda, 168 Polisi Laki laki (Polki) dan 15 Polisi Wanita (Polwan) merata berasal dari kabupaten di Provinsi Sulbar yang berperstasi. Mengawali ke dinasan mereka disambut dengan tradisi sebagai proses pembinaan karir.

Tradisi penyambutan ini untuk mempererat jiwa korps Bhayangkara yang baru menyelesaikan pendidikan pada Lemdik agar dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu diperoleh di kesatuan kewilayahan, dengan materi yang diterima di SPN bisa diterapkan dimana nantinya bertugas.

Sebelum memesuki gerbang Mako Polda Sulbar para Bintara Remaja harus berjalan jongkok dan berbaris perpleton untuk memberikan penghormatan melewati penjagaan Polda Sulbar yang dimana di terima langsung oleh Wakapolda Sulbar Kombes Pol Dr. Endi Sutendi, SIK, SH, MH. Upacara tradisi penyambutan oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudim Djafar, MSI.

Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Drs. Baharudim Djafar, MSI alam amanatnya mengatakan, sejak masa pendidikan hingga dilantik sebagai anggota Polri, setiap personel tentunya telah dibekali dengan pemahaman dan wawasan Tribrata dan Catur Prasetya sebagai pedoman hidup dan pedoman kerja.

Perbuatan dan tindakan anggota Polri lanjutnya, dapat mencerminkan asas-asas yang terkandung dalam tiap kalimat Tribrata dan Catur prasetya serta nilai dan norma yang terkandung didalamnya dapat meresap dan merasuk kedalam jiwa setiap anggota Polri untuk diimplementasikan melalui kinerja profesional, modern dan terpercaya dalam melayani masyarakat sehingga kedepan Polri akan semakin dicintai dan dipercaya.

Kata Kapolda, upacara tradisi penyambutan para bintara remaja ini dilakukan, dikandung maksud untuk memberikan penghargaan atas prestasi yang telah diraih dan sekaligus memperkenalkan Polda Sulbar sebagai tempat untuk mengawali pelaksanaan tugas para bintara remaja sekalian, dengan harapan semoga kegiatan ini membawa berkah dan semangat baru dalam pelaksanaan tugas para bintara remaja di Polda Sulbar.

Selain dari Sulbar, ada juga yang berasal dari Polda Sulsel yang ditempat tugaskan di Polda Sulbar, Problem yang dialami oleh Polda Sulbar adalah kekurangan jumlah personil, oleh karena itu penempatan bintara remaja ini di Polda Sulbar ini tentunya menambah perkuatan personil, dimana yang sebelumnya berjumlah 2.862 menjadi 3.045 orang.

Kita pantas berbangga karena salah satu bintara remaja kita yang mengikuti pendidikan di SPN Batua Sulsel telah memperoleh predikat kelulusan terbaik jika diakumulasikan perolehan nilai akademik, mental dan jasmaninya. Bintara remaja tersebut adalah ”Bripda Moh. Sofran” yang berasal dari kabupaten Mamuju.

Mengakhiri sambutannya Kapolda Sulbar mengatakan bahwa ada 4 hal yang harus betul-betul dipedomani oleh Bintara Remaja yakni ;
1). Tingkatkan Ketakwaan dan keimanan Kita terhadap allah swt/tuhan yang maha esa karena dengan keimanan dan ketaqwaan akan mampu membimbing langkah kita pada jalan yang benar  yang di ridhoi allah swt.

2). Sadarilah bahwa berakhirnya pendidikan dan pelatihan saudara bukanlah akhir dari proses belajar. ingatlah bahwa saudara akan menghadapi penugasan dalam lingkungan yang selalu berubah dan berkembang pesat, sehingga saudara dituntut untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

3). Sadarilah bahwa saudara adalah generasi muda Polri yang menjadi kebanggan bagi orang tua serta institusi, oleh karena itu tetaplah tunjukkan kualitas diri saudara sebagai brigadir polisi yang berkarakter.

4). Jadilah teladan bagi lingkungan tempat bertugas dan lingkunan tempat tinggal, hindari perbuatan yang tidak terpuji, yang dapat menjatuhkan harga diri sebagai anggota Polri , dan Kehormatan Institusi. Ucap Kapolda.

"Semoga tuhan yang maha esa, senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingannya kepada kita sekalian dalam pengabdian kita kepada masyrakat bangsa dan negara" Terang Kapolda.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penyiraman kaki orang tua bintara remaja yang mana dilakukan langsung oleh Bintara Remaja yang baru saja lulus.(*)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polda Sulbar Sambut Polisi Baru Dengan Penyiraman Kaki Orang Tua

Trending Now

Iklan

iklan