Iklan


 

Penanganan Kasus Pembunuhan, Narkoba, Polda Sulbar Meningkat!

Jumat, 12 Juli 2019 | 13:52 WIB Last Updated 2019-07-12T05:59:42Z
Konferensi Pers Kapolda Sulbar
Pengungkapan Kejahatan Dari Tiga Direktorat
Para Awak Media
POLEWALITERKINI.NET – Tak dipungkiri Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) berhasil mengungkap berbagai kasus kejahatan dari 3 direktorat yang ada yaitu (Dit Reskrimum, Dit Reskrimsus dan Dit Resnarkoba).

Demikian Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si dalam acara konferensi pers yang diselenggarakan siang ini di Aula Arya Guna Polda Sulbar. Selasa (09/07/2019).

Kabid Humas AKBP. Hj. Mashura, menyampaikan dalam kegiatan konferensi pers kali ini, seluruh tersangka dan barang bukti langsung ditampilkan di depan para media yang hadir sebagai bukti nyata keberhasil Polda Sulbar.

Berdasarkan data yang dibacakan Kapolda Sulbar untuk penanganan kasus Dit Res Krimsus mengalami peningkatan dari segi penyelesaian kasus, sedangkan kasus dugaan korupsi APK sudah dilimpahkan ke JPU dan saat ini dalam tahap persidangan.

Menurut AKBP. Hj. Mashura, terkait penanganan kasus pada direktorat reserse kriminal umum ada peningkatan sejumlah kasus ditambah lagi 8 (delapan) kasus pembunuhan di wilayah Polda Sulbar telah diungkap.

Sementara itu, penangan kasus narkoba berdasarkan data yang ada juga meningkat dengan rincian :

Kasus narkoba pada priode Januari-Juni 2018 sebanyak 86 kasus dan obaya 7 kasus dengan laporan polisi yang masuk 93 LP sedangkan pada tahun 2019 periode januari- juni penanganan kasus narkoba  meningkat menjadi 108 kasus dan obaya 6 kasus dengan laporan polisi yang masuk sebanyak 114 LP.

Untuk jumlah tersangka ditahun 2018 sebanyak 129 laki-laki dan 13 perempuan sedangkan ditahun 2019 meningkat menjadi 151 laki-laki namun tahanan perempuan menurun menjadi 10 tersangka.

Sedangkan barang bukti sabu turun 1.119 gram dari 1.356 gram ditahun 2018 turun menjadi 237,38 gram ditahun 2019. begitupun obaya turun 7.783 butir dari 9.023 butir di tahun 2018 turun menjadi 1.240 butir namun plus 8.000 sachet komix.

Kapolda Sulbar yang memimpin langsung kegiatan konferensi pers didampingi langsung oleh tiga dorektur yang dimaksud yaitu Reserse khusus, reserse umum dan reserse narkoba.

Seperti biasanya kegiatan ini diwarnai dengan tanya jawab terkait kasus yang ditangani Polda Sulbar saat ini seperti :

Narapidana yang kabur di Pasungkayu? Jawab : dua narapidana yang melarikan diri di  Polsek baras sudah ditangkap kembali.

Kasus pembacokan yang ada di SMK 1 Mamuju belum ada kejelasan ? Jawab : Kasus ditangani oleh polres mamuju namun pelakunya memang belum terungkap.

Pasar Campalagian sudah sampai dimana? Jawab : Prosesnya sudah kami tangani dan beberapa tahap pemeriksaan sudah dilaksankan bahkan kasus sudah disimpulkan selain itu juga telah dilakukan gelar khusus dan gelar besar.

"Kesimpulannya sebagaimana yang dilaporkan pelapor tidak cukup bukti, dan tidak ada data konkrik bahwa yang dilaporkan itu benar."

Terkait penganiayaan tahanan narkoba apakah sudah di proses? Sekarang sudah ditangani oleh propam

Kasus korupsi di Mamasa sudah sejauh mana? Untuk kasus yang dimaksud masih tahap 1 dengan kerugian negara Rp. 1,6 Milliar dan kami masih menunggu dari kajati.

Penipuan CPNS? Sudah ditetapkan 3 orang tersangka dan ketiga-tiganya sudah di proses dua diantaranya sudah dilimpahkan dan satu di masih di proses.

Diakhir kesenpatannya, Kapolda Sulbar mengucapjan terimakasih dan apresiasinya kepada seluruh media atas partisipasinya dalam memberitakan dan menyajikan informasi terkait keberhasilan polisi.

"Saat ini Kabid Humas AKBP Hj. Mashura akan mendapatkan penghargaan dari mabes sebagai polda tipe B kabid humas terbaik dan atas nama kapolda sulbar kami mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya." Tutup Kapolda.(***)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penanganan Kasus Pembunuhan, Narkoba, Polda Sulbar Meningkat!

Trending Now

Iklan

iklan