Iklan


 

Persakmi Polman Dilantik, Diharap Jadi Mitra Pemerintah Tangani Persoalan Kesehatan

Senin, 29 Juli 2019 | 22:52 WIB Last Updated 2019-07-29T14:54:16Z
Pelantikan Persakmi Polewali Mandar
Wakil Bupati Polman Hadir Dalam Pelantikan
Persakmi Polewali Mandar
POLEWALITERKINI.NET - Dewan pengurus pusat Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) melantik pengurus Persakmi Cabang Polewali Mandar, Sulawesi Barat, di lantai dua ruang pola kantor Bupati Polman. Minggu, 28 Juli 2019.

Ketua Persakmi Pusat Prof, Dr.Ridwan Amiruddin,SKM.M.Kes, MSc.PH melantik Andi Suaib Nawawi sebagai Ketua Persakmi Polman bersama pengurus lainnya yang disaksikan langsung Wakil Bupati Polman, HM. Natsir Rahmat.

Dalam sambutannya, Andi Suaib Nawawi mengatakan, sebuah organisasi jika bersatu dan kokoh akan dengan mudah menjalankan visi dan misi, Kata dia, dengan terbentuknya Persakmi dapat mengatasi berbagai persoalan kesehatan di Polman.

"Terkhusus, persoalan sampah plastik semua ini memerlukan karya kita semua untuk berada digaris terdepan." Kata Andi Suaib Nawawi.

Selain itu, Suaib Nawawi berharap adanya support dukungan dari Bupati dan Wakil Bupati pada kegiatan Persakmi, khususnya pada acara seminar di hari kesehatan nasional tahun ini.

"Kita harusnya bisa berbuat sesuai tupoksi pada tempat kita masing masing." Jelas Kepala Dinkes Polman ini.

Di tempat yang sama, Ketua Persakmi Pusat, Prof, Dr, Ridwan Amiruddin menuturkan, usia Persakmi baru berusia 10 tahun tetapi sudah berdiri di 32 Provinsi di Indonesia.

"Persakmi saat ini beranggota 1 juta lebih di Indonesia, dengan anggota yang cukup besar itu diharap dapat berkontribusi nyata menangani persoalan kesehatan di indonesia." Ungkap Ketua Persakmi Pusat, Prof, Dr, Ridwan Amiruddin.

Dia mengimbau pengurus Persakmi harus bisa memberi contoh dan menjadi teladan pola hidup sehat di lingkungan sekitarnya.

"Sangat tidak tepat orang SKM memberi contoh yang tidak tepat di masyarakat, apa contoh yang tidak tepat yaitu merokok." Ujar Ridwan.

Dia juga menyampaikan buat pengurus Persakmi Polman fokus pada penanganan masalah stunting (Kondisi Gagal Pertumbuhan Pada Anak) karena Polman masuk pada daerah locus stunting.

"Kami mengharapkan kepada pengurus membentuk tim pengawasan dan monitoring locus yang tinggi stuntingnya, di dalam monitoring ini akan terindentifikasi faktor resikonya, penyebabnya kemudian bagaimana solusinya, untuk dapat membantu pemerintah mempercepat mengatasi persooalan stunting." Ucap Ridwan.

Meski demikian, Ridwan Amiruddin mengapresiasi pengurus Persakmi Polman,  hal itu lantaran pertama kalinya pengurus Persakmi diresmikan di Provinsi Sulbar.

"Bahkan diresmikan untuk tingkat provinsi masih menunggu, Polman ini pelopor luar biasa jadi salut buat teman teman Persakmi Polman." Ujarnya.

Menurutnya, salah satu tugas pokok persakmi ialah menjadi mitra pemerintah menyelesaikan masalah kesehatan, Sebab itu, sambung Ridwan, seluruh sarjana kesehatan masyarakat (SKM ) perlu mengembangkan potensinya membantu masalah kesehatan.

"Seperti tenaga kesehatan yang lain sarjana kedokteran ada pendidikan profesinya menjadi dokter, sarjana kebidanan kemudian menjadi bidan, juga di SKM akan dibuka pendidikan profesinya, jadi dia akan melanjutkan pendidikan setahun untuk mengambil profesinya, Setelah lulus mereka secara regulasi memenuhi syarat mengambil surat tanda registrasi (STR)." Jelas Ridwan.

Wakil Bupati Polman HM.Natsir Rahmat dalam kesempatannya mengapresiasi hadirnya Persakmi di Polman, Kedepan ia berharap persakmi menjadi organisasi yang dinamis.

"Harus secara terbuka memberikan ruang bagi kader yang amanah." Kata Wakil Bupati Polman HM.Natsir Rahmat.

Laporan  :  Achmad Gazali

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Persakmi Polman Dilantik, Diharap Jadi Mitra Pemerintah Tangani Persoalan Kesehatan

Trending Now

Iklan

iklan