*** LINDUNGI DIRI, LINDUNGI SESAMA ***

Senin, 22 Juni 2020

Juna, Sarjana Pendidikan Seni UNM Raih Beasiswa Ke Rusia
Juna
POLEWALITERKINI.NET – Panggilan akrab Juna alamat Limboro Kabupaten Polewali mandar, berawal dari SMA berkenalan dengan dunia seni pertunjukan (Teater) membuat saya menjadi tertarik dengan cabang kesenian ini.

Hal ini membuat saya banyak terlibat  melingkar dan berdiskusi  dengan beberapa komunitas seperti teater Flamboyant Mandar, Uwake Culture Fondation dan beberapa komunitas yang ada di Polewali mandar khususnya di Kecamatan Tinambung sebagai kiblat kesenian yang ada di Provinsi Sulawesi Barat.

Beberapa Event seni teater dari event lokal sampai Nasional pernah saya ikut berpartisipasi di dalamnya, dari kecintaan saya terhadap seni teater ini sehingga pada tahun 2014 saya memilih dan mendaftar di Universitas Negeri  Makassar dengan mengambil jurusan Seni Drama Tari dan Musik dengan konsentrasi pertunjukan teater.

Di kampus UNM saya mendapatkan berbagai macam pengalaman dan ilmu tentang seni pertunjukan teater, mengikuti berbagai Event kesenian seperti Peksimanas, Lanjong Art International Festival, Festival Teater Mahasiswa Nasional Indonesia, International Eigh Festival & Forum dan berbagai Even Kesenian Lainnya.

Pernah ikuti berbagai Workshop teater yang ada di Makassar. Sampai akhirnya pada tanggal 25 Februauri 2020 saya telah menyelesaikan pendidikan saya di Kampus Universitas Negeri Makasassar dengan menyandang gelar S1 pendidikan Seni.

Mendapatkan gelar S1 di bidang seni bagi saya masih belum cukup untuk saya aplikasikan dalam kehidupan saya, sampai akhirnya saya mendapatkan Informasi dari kawan saya, bahwa, setiap tahun Pemerintah Federasi Rusia memberkan peluang bagi pelajar dan  mahasiswa Indonesia untuk kuliah di Rusia melalui program Beasiswa Fututres In Russia.

Kesempatan ini tentu saya manfaatkan dengan baik, dengan mendownload Booklet beasiswa Fututres In Russia. saya pun memilih program Magister dengan mengambil jurusan Teater Studies dan memilih 6 (Enam) kampus yang ada di Negara Rusia yang membuka program Seni.

Pendaftaran beasiswa ini hampir mirip dengan proses pendaftaran SNPTN/SBNPTN sehingga agak tidak terlalu rumit untuk saya kerjakan, selain pendaftaran jurusan dan kampus, syarat-syarat yang harus saya penuhi dalam pendaftran beasiswa ini seperti, pebuatan Passport, Surat Keterangan sehat, Surat Keterangan bebas Hiv, Motifasi dan Abstarc.

Proses kelengkapan administrasi ini saya kerjakan tidak kurang dari 2 minggu, setelah semua persyaratan lengkap barulah saya mengupload berkas administarsi saya di Web Futures In Russia.

Saya Menunggu Pengumuman test administari ini kurang lebih 3 (Tiga) minggu, justru saya berfikir bahwa saya mungkin tidak lulus beasiswa ini, di tambah pandemi yang juga melanda Indonesia  membaut semangat saya agak sedikit Drop.

Tetapi, tiba-tiba di minggu terakhir bulan maret saya mendapatkan Pesan Email dari Federasi Rusia bahwa saya dinyatakan lulus tahap administrasi dan bersedia untuk  mengikuti test wawancara, semangat sayapun tumbuh kembali.

Keesokan harinya saya mengikuti tes wawancara yang dilakukan secara online bersama panitia Beasiswa Federasi Rusia dan staf Kedutaan Rusia untuk Indonesia serta 1 orang penerjemah bahasa asal Indonesia.

Karena bahasa yang dilakukan dalam proses test tahap wawancara ini adalah Bahasa Rusia. Beberapa pertanyaan dilontarkan kepada saya, seperti apakah saya betul-betul siap menempuh pendidikan di rusia?, bagaimana dukungan keluarga? juga menanyakan motivasi saya untuk menempuh pendidikan di Negara tersebut.

Semua pertanyaan dari panitia pelaksana beasiswa saya jawab dengan baik dan sesuai kemampuan saya meskipun sedikit gugup karena baru pertama kali dalam hidup di wawancarai  dengan 2 orang bule. Diakhir wawancara saya dihimbau untuk menunggu pegumuman selanjutnya.

Hasil dari pengumuman test wawancara akhirnya masuk di Email saya, meski harus menunggu waktu yang cukup lama. Dari pesan Email tersebut  saya dinyatakan lulus tahap  wawancara dan bersedia mengirim pernyataan bahwa saya akan Bersungguh-sungguh mengikuti program beasiswa ini dan tidak akan mengundurkan diri.

Pernyataan yang dikirim dari Federasi Rusia pun saya tandatangani dan saya menyatakan bersedia mengikuti program beasiswa tersebut.

Email selanjutnya datang setelah Lebaran baru-baru ini, dan ini merupakan kado lebaran yang sangat besar bagi saya karena perjuangan saya dalam menempuh tahap seleksi beasiswa ini akhirnya membuahkan hasil yang sangat memuaskan.

Dari pesan email tersebut saya dinyatakan diterimah oleh Federasi Rusia untuk menempuh pendidikan dengan mengambil Program Magister pada jurusan Teater Studies di Negara Tersebut.

Saya sangat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung saya selama proses pendaftaran beasiswa ini, semoga ilmu yang saya dapat nantinya bisa saya terapkan dan bermanfaat utuk semua pihak terkhusus untuk pengembangan kesenian yang ada di Sulawesi Barat.




PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini

INFO CORONA