GUNAKAN MASKER PADA TEMPATNYA , LINDUNGI DIRI, LINDUNGI SESAMA

Senin, 02 Agustus 2021

POLEWALITERKINI.NET - Pemerintah Desa Segerang, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat, menggelar pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) secara langsung. 

Dalam pemilihan ini panitia menggunaoan surat suara seperti pemilu pada umumnya, pemilihan tersebut berlangsung di Kantor Desa Segerang. Senin (02/08/2021).

Ketua Panitia Pemilihan BPD Desa Segerang, Pattola menjelaskan, pelaksanaan pemilihan secara langsung itu, merupakan inisiatif Kepala Desa Segerang Andi Ahmad, dengan tujuan transparansi.

Menurut Pattola ini merupakan kali pertama dilaksanakan di Desa Segerang bahkan se kecamatan Mapilli.

Adapun mekanisme pemilihan BPD sendiri, dilaksanakan selama 3 hari. Dimana hari pertama digelar hari ini. Senin (2/8) Pemilihan BPD Perwakilan Dusun Taraujung. Pada hari kedua Dusun Sumael pada Selasa (3/8).  Serta Hari Ketiga Dusun Segerang Rabu (4/8).

“Kita mulai hari ini tanggal 2 sampai tanggal 4 InsyaAllah, dan hari ketiga nanti itu kandidat yang terpilih akan menentukan siapa ketuanya. Siapa sekretarisnya dan bendaharanya.” Ujarnya.

Para calon anggota BPD yang akan dipilih sebanyak 8  Calon dari 4 Dusun di Desa Segerang. Masing-masing dusun memiliki calon anggota BPD yakni, dari dusun Taraujung 2 orang, dusun Sumael 2 orang, dan 3 orang dari dusun Segerang. Serta dusun Padang 1 orang yang di nyatakan Terpilih secara aklamasi.

Ke delapan calon BPD Desa Segerang tersebut, akan dipilih masing-masing 1 orang dalam 1 KK (Kartu Keluarga). Hanya satu orang yang datang di bilik suara untuk memilih dalam satu keluarga.

“Kalau proses pemilihan itu sesuai kesepakatan kemarin, satu KK itu yang mencoblos satu orang. jadi, satu KK yang memilih itu satu orang.” Jelas Pattola yang juga Sekretaris Desa Segerang.

Pada kesempatan Tersebut, Kepala Desa Segerang, Andi Ahmad menyampaikan pemilihan anggota BPD dilaksanakan secara terbuka dan transparan. Tidak ada intervensi, baik dari Kepala Desa, atau pihak siapapun. Proses pemilihan pun dilakukan sesuai peraturan yang ada.

“Kami amanah kan ke Panitia menjalankan aturan tentang pemilihan anggota BPD, dan membebaskan warga kami memilih sesuai yang dipilih.” Terang Andi Ahmad.

Sementara itu, Bripka Hasrat Mahfud Bhabinkamtibmas Desa Segerang mengapersiasi proses pemilihan BPD dengan proses pemilihan secara langsung oleh masyarakat di desa Segerang tersebut.

"Selaku bahbinkamtibmas di desa ini tentunya sangat mengapresiasi pemilihan ini dan akan terus berada disini sampai proses pemilihan selesai demi menjamin Keamanan dalam Proses Pemilihan BPD ini, agar tidak terjadi hal-hal yang tida kita inginkan." Ungkapnya.

Syukur Jalil, salah satu kandidat dari dusun Taraujung, juga mengapresiasi langkah pemerintah Desa Segerang dan Panitia Pemilihan anggota BPD yang telah menyelenggarakan pemilihan secara transparan.

Melalui proses pemilihan tersebut, kata Syukur, masyarakat dapat menentukan perwakilannya dalam membangun dan mensejahterakan Desa Segerang kedepannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Staf Pemenritahan Kecamatan Mapilli,  Andi Ahmad Djidan, Kepala Desa Segerang, Bripka Hasrat Mahfud Bhabinkamtibmas Desa Segerang Serta Jajaran Staf Pemerintahan Desa Segerang. 

Laporan : Acho Metro

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini

INFO CORONA