GUNAKAN MASKER PADA TEMPATNYA , LINDUNGI DIRI, LINDUNGI SESAMA

Jumat, 10 September 2021

  • September 10, 2021
  • Grup Media Bakri Centre

POLEWALITERKINI.NET -  Unasman bersama warga Desa Luyo menggelar diskusi tentang masa depan Kakao yang difasilitasi mahasiswa melalui Program Unasman Membangun Desa.  Jumat, (10/09/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Kepala Desa Luyo, Dekan Fakultas Ilmu Pertanian Ir. H.Hasanuddin Kandatong, Dosen Fakultas Ilmu Pertanian Harli.A. Karim, Muh. Rifky Aulia, dan Para Petani Kakao.

Harli A. Karim selaku pemateri dalam diskusi tersebut mengatakan, produksi kakao di Indonesia terus  mengalami penurunan. 

Posisi Indonesia sebagai produsen kakao terbesar ketiga kini melorot menjadi posisi keenam di bawah Pantai Gading, Ghana, Ekuador, Nigeria dan Kamerun. 


"Jika tidak ada tindakan nyata dari pihak pemerintah diperkirakan akan terus mengalami penurunan."
Ucap Harli".

Lanjut akademisi Universitas Al Asyariah, Harli di hadapan ratusan petani kakao bahwa salah satu penyebab menurunnya produksi kakao menurutnya adalah konversi lahan yang terus terjadi. 

Selain itu, petani terus mengalami kerugian dalam berusaha tani kakao. Biaya pemeliharaan khususnya pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit terus mengalami kenaikan sementara produktivitas tanaman tidak pernah mengalami peningkatan.

"Rata-rata produktivitas tanaman kakao masih berkisar di angka 700-900 kg/ha/tahun. Dan angka itu masih sangat jauh dari produktivitas yang mampu mencapai 2000-3000 kg/ha/tahun." Jelas Harli.

Dalam diskusi yang begitu menarik tak lupa Kepala Desa Luyo mengungkapkan rasa terima kasih dan menyambut baik kegiatan diskusi yang dilakukan oleh Unasman, semoga kehàdiran dosen dan mahasiswa Unasman dapat menjadi mòtivasi bagi masyarakat Desa Luyo

Di akhir pertemuan Dekan Fakultas Ilmu Pertanian, Ir. H. Hasanuddin Kandatong menyampaikan, bahwa Unasman Khususnya Fakultas Ilmu Pertanian siap bekerjasama dengan pemerintah desa luyo dalam mengembalikan kejayaan kakao yang pernah jadi primadona.

Laporan : Acho Metro

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini

INFO CORONA