Iklan


 

Pasien Gigi BPJS Polman Diarahkan ke Dokter Praktek

Kamis, 06 April 2023 | 21:37 WIB Last Updated 2023-04-06T13:37:57Z

Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar. Foto : All Gazali Ahmad

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - BPJS Kesehatan Cabang Polewali Mandar (Polman) di nilai menggunakan kualitas bahan tambal gigi kurang bagus di Puskesmas Pekkabata dan Rumah Sakit Hj. Andi Depu.


pasien yang hendak menambal gigi ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) tersebut justru disarankan ke dokter praktek.


Hal itu dikisahkan peserta kelas 2 BPJS Kesehatan mandiri Arif Budianto (36 thn), ia menceritakan Pebruari lalu anak keduanya berusia 11 tahun menderita sakit gigi karena giginya berlubang, ia pun membawa anaknya ke Puskesmas Pekkabata.


Di Puskesmas Pekkabata anaknya dilayani melalui jalur kelas 2 BPJS kesehatan, namun dokter puskesmas menyarankan supaya anaknya di bawa ke dokter gigi praktek dengan alasan kualitas pengobatan gigi BPJS kesehatan kurang bagus.


Kendati demikian, Arif meminta rujukan pengobatan gigi ke rumah sakit, tiga hari kemudian surat rujukan untuk pengobatan gigi anaknya keluar, Saat berobat ke rumah sakit, anaknya kembali di sarankan ke dokter praktek dengan alasan senada yaitu kualitas bahan tambal gigi yang ditanggung BPJS kesehatan kurang bagus. 


"Dokter di rumah sakit menyarankan juga sebaiknya ke dokter praktek karena kurang bagus tambal gigi yang ditanggung BPJS." Bebernya.


Karena keterbatasan biaya, Arif terpaksa menunda menambal gigi anaknya ke dokter praktek, saat ini ia mulai menabung mengumpulkan uang demi membiayai pengobatan anaknya ke dokter praktek. 


"Kumpul-kumpul uang dulu baru ke dokter praktek, saya percaya kualitas bahan BPJS kurang bagus karena saya di sarankan dua dokter berbeda baik di puskesmas dan di rumah sakit." Terangnya.


Sebagai peserta BPJS kesehatan, Arif merasa kecewa dengan kualitas bahan pengobatan yang di tanggung BPJS kesehatan, sebab kata dia, dirinya dan keluarga rutin membayar iuran BPJS kesehatan setiap bulan namun masih harus mengumpulkan uang untuk biayai pengobatan gigi anaknya.


"Bagaimana kalau di posisi bapak juga sudah bayar iuran kesehatan tapi ternyata tidak di layani, iya saya mengurungkan niat ke dokter praktek karena biaya mahal, kumpul uang dulu." Kesalnya.


Arif menambahkan, mekanisme penambalan gigi di faskes BPJS kesehatan yakni satu rujukan untuk satu penambalan lubang gigi.


"Awalnya saya niat mau tambal dua lubang gigi anak, tapi cuma satu yang di layani, karena penyampaian dokter satu rujukan untuk satu penambalan gigi." Tuturnya.


Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Humas BPJS Kesehatan Polman, Wisly menjelaskan, pihaknya siap menindaklanjuti semua keluhan peserta yang masuk, hanya saja untuk menindaklanjuti hal itu di butuhkan nomor peserta dan lokasi kejadian.


"Biar faskes juga paham apa yang di keluhkan peserta." Pungkasnya dikonfirmasi melalui akun whatsapnya. Kamis, 06 April 2023.


Laporan : All Gazali Ahmad.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pasien Gigi BPJS Polman Diarahkan ke Dokter Praktek

Trending Now

Iklan

iklan