Iklan


 

Tinjau TPA Sattoko, AIM : Bila Rampung, Sampah se-Sulbar Bisa Ditampung

Minggu, 09 April 2023 | 16:31 WIB Last Updated 2023-04-09T08:31:54Z

Bupati Polman H. Andi Ibrahim Masdar (Kemeja Cokelat) Bersama rombongan meninjau pembangunan TPA Sattoko Kecamatan Mapilli. Foto : Acho Metro

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Meski di Hari Libur berkantor, Bupati Polewali Mandar (Polman) H. Andi Ibrahim Masdar, kembali meninjau pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di Desa Sattoko, Kecamatan Mapilli. Sabtu, (08/04/2023).


Dalam kesempatannya, AIM sapaan Akrab Bupati Polman ini didampingi kepala Inspektorat Kabupaten Polman, Kabag Prokopi, Sekretaris DLHK, Camat Mapilli serta sejumlah Kepala Desa. 


Bupati Polman H. Andi Ibrahim Masdar mengatakan, kita berada di sini tentunya dalam rangka meninjau tempat pembuangan sampah yang ada di Desa Sattokko ini. 


"Setelah memantau situasi tempat pembuangan sampah yang ada di sini mungkin kita masih akan menambah hari atau pun waktu untuk menyelesaikan pembangunannya." Ujar Bupati.


Dia menambahkan, pembangunan TPA ini juga paling tidak masih di perlukan 3 alat berat lagi masuk beroperasi di sini agar mempercepat selesainya pembangunan.


Dan insyaallah target kita paling cepat dua bulan ke depan sudah bisa selesai karena memang lokasi ini cukup luas dengan luas lahan 4.95 HA. 


Kata Bupati, tapi kalau TPA ini rampung, sampah bila satu Sulbar dibuang di sini pun tidak jadi masalah." Ungkap AIM Bupati Polman 2 Periode Tersebut.


"TPA disini sangat luas dan letak tempat nya sangat bagus modelnya kayak lembah." Terangnya.


Bupati Kharismatik ini juga mengatakan, insyaallah pembuangan sampah disini akan menambah nilai ekonomi kepada masyarakat khususnya masyarakat Desa Sattokko dan Desa Beroangin karena mereka bisa mengambil sampah plastik, lalu dijual karena nilai jual sampah plastik sekarang ini Per Kilonya mencapai Rp. 2000,-.


"Sampah jika di kelolah dengan bagus menggunakan mesin untuk pengelolaan maka memiliki banyak manfaat kegunaan." Jelasnya 


Tentunya bisa bikin batako, paving block, yang kemudian bisa di pasarkan dan dijual oleh pemerintah desa atau dikelolah Bumdes.


"Nah Kita disini kan sudah memiliki mesin tentunya, bagaimana kemudian nantinya di pergunakan dengan benar." Kata Bupati yang dikenal dengan tagline Polman Jago tersebut. 


Dia juga menyampaikan, untuk akses jalan menuju TPA ini, sudah masuk dalam anggaran di tahun ini. Kita inginkan jalan dari Desa Beroangin ke Desa Sattokko lancar dan bagus. 


"Dan insyaallah dengan jalan bagus dan mulus masyarakat di sini ekonominya juga bisa semakin membaik dan kehidupannya semakin sejahtera terutama bagi para petani dan pekebun." Tutup Aim.


Laporan : Acho Metro

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tinjau TPA Sattoko, AIM : Bila Rampung, Sampah se-Sulbar Bisa Ditampung

Trending Now

Iklan

iklan