Iklan


 

Wakil Bupati ; Penanganan Stunting di Polman Dikerjakan Secara Terintegrasi

Minggu, 09 April 2023 | 16:02 WIB Last Updated 2023-04-09T08:02:51Z

Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, terus memaksimalkan penanganan stunting secara terintegrasi dan bertahap, demi menurunkan angka stunting. (Foto : Dok Poster Jago).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Upaya penanganan Stunting di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terus dikerjakan sejumlah instansi pemerintah dan Lembaga Negara lintas sektoral, mulai hulu hingga hilir secara terintegrasi dan betahap sesuai perencanaan program penanganan stunting.


Demikian disampaikan Wakil Bupati Polewali Mandar, Natsir Rahmat, saat diminta tanggapan penanganan Stunting. Minggu, 09 April 2023.


"Penanganan stunting sementara berjalan, dibutuhkan kerjasama seluruh kalangan, karena dilakukan dari hulu ke hilir secara terintegrasi dan bertahap, dimana setiap tahapan dibuatkan inovasi." Terangnya.


Dijelaskan Wakil Bupati Polewali Mandar, tahapan penanganan stunting diantaranya untuk usia remaja, mengaktifkan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja. 


Kedepannya disetiap desa dan kelurahan, dengan programnya memberikan edukasi terhadap remaja terkait bahaya stunting dan pemberian obat tablet tambah darah. 


Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, terus memaksimalkan penanganan stunting secara terintegrasi dan bertahap, demi menurunkan angka stunting. (Foto : Dok Poster Jago).

"Seluruh tempat PIK remaja menjadi ajang edukasi terhadap remaja betapa berbahayanya stunting, sekaligus mencegah pernikahan dini dan lokasi rutin pemberian obat tablet tambah darah." Bebernya.


Diungkapkan Wakil Bupati Polewali Mandar, untuk usia nikah akan memberikan edukasi kepada seluruh calon pengantin, mengikuti program sekolah pengantin (Strategi Kelola Keluarga Sehat Melalui Pembelajaran Stunting Bagi Calon Pengantin).


Dimana program tersebut lanjutnya, melibatkan berbagai sektor untuk mengintervensi calon pengantin, dengan menambahkan wawasan bagi calon pengantin, dilanjutkan inovasi aksi perubahan Posyandu Terintegrasi Menuju Generasi Berdaya Saing Global (Poster Jago) di Pendopo Kantor Camat Wonomulyo.


"Tujuan sekolah pengantin, agar setiap calon pengantin mendapat pengetahuan tentang Stunting, agar calon pengantin masih usia anak, persiapan secara matang. Kemudian melanjutkan inovasi Poster Jago dan Posyandu Chetting." Tandasnya.


Disebutkan Wakil Bupati Polewali Mandar, sedangka usia kehamilan melalui program kawal ibu hamil, mulai dari persiapan kehamilan hingga melahirkan.


Kolaborasi lintas sektor dalam penanganan stunting terus dilakukan dalam program pencegahan stunting. (Foto : Dok Poster Jago).

Memastikan ibu hamil dapat tertangani dengan baik, di Puskemas terlebih di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haja Andi Depu, Kabupaten Polewali Mandar.


"Program kawal ibu hamil, merupakan langkah penanganan medis secara berlanjutan dilakukan tenaga kesehatan dengan bantuan semua pihak, termasuk keluarga ibu melahirkan, mulai persiapan kehamilan, pemeriksaan kondisi perkembangan bayi dalam kandungan, kindisi ibu hamil hingga melahirkan di fasilitas kesehatan." Jelasnya.


Ditambahkan Wakil Bupati Polewali Mandar, langkah kawal 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) bagi bayi dilakukan, untuk memastikan usia 0 hingga 5 tahun dapat tertangani dengan baik. 


Sehingga ibu bayi sangat diharapkan rutin melakukan pemeriksaa di Pustu dan pelayanan Posyandu setiap minggunya, agar mendapat makanan bergizi dan vitamim untuk ibu dan anak.


"Bayi yang sudah lahir, akan dipastikan ditangani dengan baik, dengan selalu meriksakan bayinya di Pustu terdekat dan terus melakukan komunikasi dengan bidan setempat untuk medapatkan makanan tambahan dan vitamin." Katanya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wakil Bupati ; Penanganan Stunting di Polman Dikerjakan Secara Terintegrasi

Trending Now

Iklan

iklan