Iklan


 

25 Bacaleg Jalani Tes Narkoba di BNNK Polman

Rabu, 03 Mei 2023 | 00:29 WIB Last Updated 2023-05-03T05:15:32Z

Bacaleg partai politik mendaftarkan diri untuk mejalani tes narkoba di Kantor BNNK Polewali Mandar, pada hari kedua KPUD Polman, buka pendaftaran Caleg. (Foto : Dok BNNK Polman).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Memasuki hari kedua pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) partai politik di KPUD Polman, sudah ada 25 orang dari sejumlah partai politik peserta Pemilu dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, mejalani tes urine di Kantor Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Selasa, 02 Mei 2023.


"Sudah 25 orang Bacaleg, didominasi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) mendatangi BNNK Polman, menjalani tes urine." Kata Kepala BNNK Polewali Mandar, Syabri Syam.


Disebutkan, dalam tes narkoba diwajibkan mengisi formulir permohonan tes urine, sesuai data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dan Kartu Keluarga Bacaleg. Dilanjutkan pemeriksaan urine dan diawasi langsung jajaran BNNK Polewali Mandar.


"Tes urine dilakukan setelah mengisi formulir dengan melampirkan foto copy E-KTP bersama kartu keluarga. Dilanjutkan pengambilan urine Bacaleg bersangkutan di kantor BNNK Polewali Mandar." Jelasnya.


Dalam proses tes narkoba, terdiri dari pemeriksaan fisik dan pemeriksaan rapid test urine oleh tim medis dari perawat dan dokter BNNK Polewali Mandar. 


Setelah selesai menunggu selanjutnya akan dikonfirmasi via telpon untuk diberikan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN) sebagai salah satu  persyaratan pendaftaran Bacaleg.


"Proses pembuatan SKHPN terdiri dari pemeriksaan fisik dan pemeriksaan rapid test urine." Katanya.


Lebih lanjut, jika dalam proses pemeriksaan ditemukan hasil pemeriksaan urine tidak valid, maka dilakukan rapid tes ulang tanpa dibebankan biaya kepada bersangkutan, agar akurasi tes pemeriksaan dapat dipertanggungjawabkan.


"Kami profesional dalam melakukan tes urine, termasuk hasil tes urine masih meragukan dilakukan tes urine kembali kepada Bacaleg." Jelasnya.


Ditambahkan BNNK Polewali Mandar, biaya pemeriksaan narkoba sebesar Rp. 290 ribu rupiah per-Bacaleg, sesuai ketentuan yang berlaku di seluruh Indonesia. 


"Biaya pemeriksaan narkoba Rp. 290 ribu rupiah per-Bacaleg dengan cara bayar tunai." Ujarnya.


Sementara Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem Kabupaten Polewali Mandar, Syarifuddin, menyebutkan. Untuk Bacaleg Partai Nasdem Kabupaten Polewali Mandar dan daerah Pemilihan Sulawesi Barat Polewali Mandar Satu dan Dua. Telah diperintah merampungkan hasil tes narkoba sebelum 04 Mei 2023. Agar dapat mendaftar secepatnya.


"Kami di Nasdem sudah jauh hari telah memerintahkan seluruh Bacaleg setiap daerah pemilihan Kabupaten Polewali Mandar dan Sulawesi Barat, agar menyelesaikan dokumen persyaratan tes bebas narkoba secepatnya di BNNK Polewali Mandar." Pungkasnya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 25 Bacaleg Jalani Tes Narkoba di BNNK Polman

Trending Now

Iklan

iklan