Iklan


 

Hardiknas Polman, Siswa dan Guru Pakaian Adat Nusantara

Selasa, 02 Mei 2023 | 23:51 WIB Last Updated 2023-05-03T05:09:42Z

Siswa berbusana adat nusantara melaksanakan Upacara Hardiknas, 20 Mei 2023 di Kabupaten Polewali Mandar. (Foto : Nadi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Selasa, 02 Mei 2023. Siswa dan guru mulai tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), baik Negeri dan Swasta di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, memakai busana adat tradisional nusantara, sebagai bentuk kolaborasi bersama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.


Di Sekolah Menengah Atas Negeri Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, sejak pukul 07.00 Waktu Indonesia Tengah, para siswa dan guru sudah berdatangan ke halaman sekolah menggunakan busana adat tradisional nusantara, yakni Mandar, Bugis, Jawa, Bali, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sumatera dan Papua. 


Setelah pukul 08.00 waktu setempat, seluruh siswa hadir langsung mengikuti upacara Hardiknas di halaman sekolah.


Guru SMAN 1 Wonomulyo, berbusana adat nusantara melaksanakan Upacara Hardiknas, 2 Mei 2023. (Foto Nadi).

Dalam Upacara Hardiknas diawali penghormatan kepada pimpinan upacara, dilanjutkan pengibaran bendara merah putih, pembacaan teks Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945. 


Kemudian pembacaan puisi Hardiknas dan pembacaan sambutan seragam Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim. Oleh Kepala Sekolah SMAN Wonomulyo.


Dalam Sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, menyatakan. Hardiknas tahun 2023, sistem pendidikan di Indonesia dalam 3 tahun belakangan telah mengalami banyak perubahan. Dimana perubahan merupakan implikasi dari implementasi 24 episode sistem merdeka belajar yang menjadi program dari Kemendikbudristek sejak dipimpinnya.


Siswa SMAN 1 Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, berbusana adat nusantara melaksanakan Upacara Hardiknas, 02 Mei 2023. (Foto : Nadi).

Dijelaskan Menteri Pendidikan. Merdeka belajar, selain memudahkan peserta didik dengan berbagai program belajar yang dinilai mampu mengembangkan karakter dan kompetensi. Selain itu tenaga pengajar juga diberikan kebebasan seluas-luasnya untuk berinovasi dalam sistem belajar mengajar.


Disampaikan Menteri Pendidikan, merdeka belajar diharapkan mampu memperbaiki kualitas pendidikan dari waktu ke waktu bagi sistem pendidikan di Indonesia. Demi menciptakan sumber daya manusia yang unggul.


Hal sama juga dilakukan pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, menggelar upacara Hardiknas berlangsung di halaman kantor Bupati Polewali Mandar. Jalan Manunggal, Kelurahan Madatte, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar. Dimana seluruh peserta upacara dari sejumlah organisasi perangkat kerja daerah dan lembaga negara menggunakan pakaian adat nusantara.


Siswa SMAN 1 Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, berbusana adat nusantara melaksanakan Upacara Hardiknas, 02 Mei 2023. (Foto : Nadi).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar, Andi Masri Masdar (AMM), menyebutkan, kurikulum merdeka jadi penekanan bagi tenaga pengajar, agar pembangunan pendidikan semakin memaju di tahun akan datang.


"Hardiknas tahun ini, melalui kurikulum merdeka, dapat mewujudkan pembangunan pendidikan merata di seluruh wilayah Indonesia." Tandasnya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hardiknas Polman, Siswa dan Guru Pakaian Adat Nusantara

Trending Now

Iklan

iklan