Iklan


 

Polman Kembali Raih Opini WTP Dari BPK-RI

Jumat, 26 Mei 2023 | 20:29 WIB Last Updated 2023-05-26T12:30:08Z

Wakil Bupati Polewali Mandar, HM Natsir Rahmat menerima penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Dari BPK Sulawesi Barat. (Foto : Dok Humas Pemkab Polman).

PolewaliTerkini.Net - MAMUJU - Kabupaten Polewali Mandar kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2022.


Hasil pemeriksaan diserahkan langsung Kepala BPK RI Perwakilan Sulbar,Hery Ridwan kepada Wakil Bupati (Wabup) HM Natsir Rahmat dan Wakil Ketua DPRD Polman, Hj Nurbaeti di Gedung BPK RI Perwakilan Sulbar di Mamuju. Jum'at (26/05/2023).


Ketua BPK RI Perwakilan Sulbar, Hery Ridwan menyampaikan, opini dari laporan hasil pemeriksaan terhadap LKPD diberikan berdasarkan beberapa kriteria 


Diantaranya, kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan informasi laporan keuangan, efektivitas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. 


Pemberian opini, Wajar Tanpa Pengecualian ini disampaikan Hery, diharapkan menjadi pemicu bagi Pemerintah Daerah untuk terus memperbaiki laporan keuangannya.


"Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih kepada daerah yang telah menerima hasil pemeriksaan dan menindaklanjuti hasil pemeriksaan." Katanya.


Disamping itu Wakil Bupati (Wabup) HM Natsir Rahmat mengaku bangga dan bersyukur atas kembali diraihnya opini WTP yang diberikan BPK RI atas hasil laporan LKPD 2022. 


Diketahui Polewali Mandar telah 7 kali secara berturut-turut memperoleh capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI Perwakilan Sulbar.


"Opini WTP merupakan predikat tertinggi yang diberikan oleh auditor eksternal, dalam hal ini Badan Pemeriksa Keuangan, terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah. Ini menandakan komitmen kuat jajaran pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dalam pengelolaan uang rakyat. Terlebih, Pemkab Polman selama 7 tahun berturut-turut berhasil raih WTP." Ungkapnya.


Lebih lanjut menurut sosok yang akrab disapa NR, menghimbau kepada seluruh jajarannya untuk tidak berpuas diri, dan terus bekerja keras agar dapat mempertahankan raihan ini.


Disamping itu Kepala Bidang Aset, Badan Keuangan Kabupaten Polman Fadilah Sayadi, S.STP menyampaikan kesyukuran atas capaian ini, Fokus utama tim pemeriksa tahun ini sekaitan dengan Barang Milik Daerah (BMD) adalah penatausahaan kendaraan dinas yang ada di Pemkab Polman. 


Adapun kami selaku Badan Keuangan khususnya melalui Bidang Aset akan melakukan koordinasi dan penelusuran kendaraan dinas secara berkelanjutan sebagai upaya tindak lanjut dari pemeriksaan yang diadakan tahun ini serta sebagai upaya pengamanan aset milik pemerintah daerah. Ujarnya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polman Kembali Raih Opini WTP Dari BPK-RI

Trending Now

Iklan

iklan