Iklan


 

Menko PMK Puji Polman Terapkan Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan

Sabtu, 16 September 2023 | 00:40 WIB Last Updated 2023-09-15T16:40:35Z

Menko PMK, menyerahkan bantuan Ambulans ke RSUD Hajja Andi Depu dan Memuji Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, menerapkan UHC. Menggratiskan biaya kesehatan, bagi warga terdaftar BPJS Kesehatan. (Foto : Nadi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy. Memuji Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, telah menerapkan  Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC). Sejak 1 Januari 2023 lalu. Sehingga pelayanan kesehatan bagi warga Kabupaten Polewali Mandar, dapat ditangani dengan baik.


Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, mengatakan. Dengan diberlakukan UHC di Kabupaten Polewali Mandar, merupakan kebijakan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar sangat baik. Membuat warga terdata dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tidak lagi membayar biaya pengobatan di fasilitas kesehatan.


"Hebat Kabupaten Polewali Mandar, sudah menerapkan UHC kepada warganya. Sehingga warga tidak lagi membayar biaya pengobatan yang mengalami sakit." Tegasnya.


Disampaikan Menko PMK. Penerapan UHC bagi kabupaten dan kota di Indonesia, sangat diperlukan untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat. Sehingga seluruh layanan kesehatan tidak boleh lagi meminta pungutan dari masyarakat yang datang berobat.


"Setiap kabupaten dan kota dituntut menerapkan UHC, untuk mempermudah warganya dalam bidang kesehatan."  Katanya.


Menko PMK, menyerahkan bantuan Ambulans ke RSUD Hajja Andi Depu dan Memuji Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, menerapkan UHC. Menggratiskan biaya kesehatan, bagi warga terdaftar BPJS Kesehatan. (Foto : Nadi).

Sementara itu Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar, menyebutkan. Diterapkannya UHC di Kabupaten Polewali Mandar, atas kerjasama telah di bangun dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Polewali, dalam Program JKN. Dengan total jumlah penduduk 488.857 jiwa atau sebesar 96,4 persen Kabupaten Polewali Mandar, telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.


"Hampir seluruh warga masyarakat di Kabupaten Polewali Mandar, tercover perlindungan kesehatan dalam UHC melalui JKN BPJS Kesehatan."  Paparnya.


Ditambahkan Bupati Polewali Mandar, UHC masyarakat yang berobat di Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonomulyo dan RSUD Hajja Andi Depu, Polewali, Kabupaten Polewali Mandar. Hanya membawa Kartu BPJS saja dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E) sudah Dilayani petugas medis.


"Dengan telah tercapainya UHC di Kabupaten Polewali Mandar, maka fasilitas kesehatan juga harus optimalkan pelayanan kesehatan. Dimana warga berobat tinggal perlihatkan Kartu BPJS atau KTP-E, sudah berhak mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan."  Sebutnya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menko PMK Puji Polman Terapkan Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan

Trending Now

Iklan

iklan