Iklan


 

TPA Paku Akan Dijadikan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah

Senin, 18 September 2023 | 19:04 WIB Last Updated 2023-09-18T11:08:48Z

TPA Paku, di Desa Paku, Kabupaten polewali Mandar. Akan dijadikan Tempat Pemrosesan Akhir sampah bernilai ekonomis untuk warga sekitaran TPA. (Foto : Ist).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar bekerjasama Pemerintah Kecamatan Binuang dan Pemerintah Desa Paku. 


Akan menjadikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Paku di Desa Paku, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Sebagai Tempat Pemrosesan Akhir Sampah untuk meningkatan ekonomi masyarakat setempat, yang sementara dalam proses sosialisasi kepada masyarakat berada sekitar TPA Paku.


Pelaksanan Tugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, Agusnia Hasan Sulur, menyatakan. TPA Paku bukan lagi menjadi tempat pembuangan akhir sampah seperti dulu, akan tetapi menjadi tempat proses pembuangan akhir dari sampah untuk produksi yang bernilai ekonomi.


"Sekali lagi kami meluruskan kepada masyarakat dan semua pihak, bawa TPA Paku. Bukan tempat pembuangan sampah, melainkan tempat pemrosesan akhir dari sampah." Tegasnya.


Dijelaskan PLT LHK Polewali Mandar. Saat ini sementara proses uji coba pengelolaan akhir sampah yang ada di TPA Paku, dengan menggunakan peralatan yang lengkap. 


Meskipun peralatan yang diuji coba masih disempurnakan menggunakan peralatan-peralatan yang tersedia sebelumnya di TPA Paku.


"Kami himbau kepada masyarakat bahwa pengelolaan sampah yang dilakukan. Sesuai dengan tuntutan masyarakat sendiri yang berdampak langsung dan manfaatnya kepada masyarakat." Ungkapnya.


Dikatakan PLT Kadis LHK Polewali Mandar. Kedepan pengelolaan sampah outputnya diantaranya paving block, Maggot dan Kompos. Untuk semata-mata bernilai ekonomi masyarakat sendiri. Dan tanpa menimbulkan keresahan masyarakat yang seperti selama ini terjadi, dengan adanya bau dan yang lainnya.


"Kami himbau kepada masyarakat untuk memberikan kesempatan LHK Polewali Mandar, membuktikan sampah dapat diolah menjadi bernilai ekonomi dan bermanfaat." Paparnya.


Dilanjutkan Plt LHK Polewali Mandar. Kegiatan pengelolaan sampah dilakukan, sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, mengatasi permasalahan secara profesional. 


Dalam pengelolaan sampah yang telah direncanakan sesuai sumber daya dimiliki Dinas LHK Kabupaten Polewali Mandar.


"Semua kegiatan yang dilakukan secara profesional yang tentunya selalu dievaluasi demi menghasilkan yang terbaik untuk kepetingan masyarakat." Katanya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TPA Paku Akan Dijadikan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah

Trending Now

Iklan

iklan