Iklan


 

Lomba Ayam Ketawa Polman Diikuti Ratusan Peserta Asal Sulsel

Minggu, 17 Desember 2023 | 17:50 WIB Last Updated 2023-12-17T09:50:15Z

Ketua P3AKSI Polman Jayadi Masdar serahkan piala dan piagam kepada pemenang lomba ayam ketawa Polman. (Foto : Ahmad Gazali).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Persatuan Penggemar Pelestari Ayam Ketawa Seluruh Indonesia (P3AKSI) Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulbar, kembali menggelar lomba ayam ketawa, kali ini dilaksanakan di Jalan Tammajarra, Kelurahan Pekkabata, Kecamatan Polewali. Sabtu 16 Desember 2023.


Lomba ayam ketawa ini kali kedua digelar di Polman, ratusan peserta mengikuti lomba ini. 150 peserta lokal dan 200 peserta dari Sulawesi Selatan.


Ketua P3AKSI Polman, Jayadi Ariska Masdar mengatakan, lomba ayam ketawa ini mempererat jalinan tali silaturahmi antar kontestan, selain itu juga untuk menyambut HUT Polman ke-64.


"Dana lomba ini merupakan sumbangsih dari panitia dan administrasi pendaftaran peserta, ayam khas ini sebuah kekayaan Polman yang luar biasa. Sehingga harus dijaga dengan baik dan dilestarikan." Tuturnya, saat ditemui di acara lomba ayam ketawa. Sabtu, 16 Desember 2023.


Anggota Komisi IV DPRD Polman ini menjelaskan lomba ayam ketawa ini bukan hanya sekedar lomba, tapi juga bagaimana memberi semangat bagi pencinta ayam agar bisa mengembangkan ayam khas asli Sulawesi ini.


Puluhan ayam ketawa asal Polman dan Sulsel berlomba. (Foto : Ahmad Gazali).

"Ayam ketawa memang asli Sulawesi, perlu dikembangkan dan di budidayakan agar tidak punah." Tambahnya.


Ketua Panitia Lomba Ayam Ketawa Polman Bahdar mengungkapkan, ada dua kategori yang diperlombakan, yakni kategori slow serta dangdut, dewan juri menentukan pemenang lomba dari seni suara ayam bukan dari lamanya suara, untuk kelas slow minimal empat ketukan suara sedangkan kelas dangdut minimal delapan ketukan suara.


"Pemenang lomba mendapatkan uang pembinaan dan piagam, pesertanya ini dari Kabupaten Pinrang, Sidrap dan Kota Madya Pare-pare, Sulsel." Tuturnya.


Bahdar menuturkan, dirinya bersama pencinta ayam ketawa Polman kerap mengikuti lomba di luar daerah, hal itu demi menyambung tali silaturahmi sesama pencinta ayam ketawa di luar daerah.


"Baru-baru ini kami ikuti kontes dan lomba ayam ketawa Gubernur Sulsel cup." Pungkasnya.


Laporan : Ahmad Gazali

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lomba Ayam Ketawa Polman Diikuti Ratusan Peserta Asal Sulsel

Trending Now

Iklan

iklan