Iklan


 

Rumah Pengusaha Penggilingan Padi di Wonomulyo Terbakar

Sabtu, 16 Desember 2023 | 00:34 WIB Last Updated 2023-12-15T16:35:05Z

Rumah pengusaha penggilingan padi di Desa Sidorejo, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. Terbakar, Kamis 13 Desember 2023. (Foto : Nadi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Satu rumah pengusaha penggilingan padi, milik Abd Majid umur 47 tahun. Jalan Nangka, Dusun 3, Desa Sidorejo,  Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. Terbakar, pada  pukul 03.00 Waktu Indonesia Tengah, Kamis 14 Desember 2023. 


Beruntung tidak ada korban jiwa, karena pemilik rumah sementara tertidur di ruang tengah, terbangun setelah  merasakan kepanasan dan melihat api  membakar dari ruang belakang. Sehingga menerobos api untuk keluar dari dalam rumah. 


Namun anak pemilik rumah bernama Indra berumur 13 tahun, mengalami luka bakar ringan pada kedua bagian punggung tangganya saat melarikan diri  keluar rumah untuk menyelamatkan diri.


Korban kebakaran Abdu Majid, mengatakan. Kebakaran diperkirakan sudah terjadi dini hari, pada pukul 03.00 Waktu Indonesia Tengah. Dugaan api berasal dari ruang belakang rumah, karena dirinya bersama keluarganya yang sedang tertidur.


Dirinya merasakan kepanasan dan terbangun melihat api dan asap membakar isi rumah dari ruangan belakang lalu menjalar ke ruangan tengah rumah, sehingga membangunkan seluruh keluarga untuk menyelamatkan diri.


"Yang jelas api dari ruangan belakang rumah pak, tetapi sumber api saya tidak tahu. Saat itu saya merasakan hawa panas membuat terbangun dan melihat api membakar rumah dan langsung membangunkan anak untuk berlari menyelamatkan diri." Ujarnya.


Disebutkan pemilik rumah, pada saat melarikan keluar rumah, anaknya terjilat api pada kedua tangganya, menyebabkan mengalami luka ringan. 


Dalam musibah ini uang tunai puluhan juta rupiah, seluruh isi rumah dan satu unit mobil ikut terbakar. Kerugian diperkirakan menyampai 1 Miliar rupiah lebih.


Rumah pengusaha penggilingan padi di Desa Sidorejo, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. Terbakar, Kamis 13 Desember 2023. (Foto : Nadi).

"Tidak ada harta benda yang dapat di selamatkan, karena api sudah membakar isi rumah dari belakang hingga di ruang tengah rumah. Bahkan mobil terbakar di luar rumah ikut terbakar pada bagian depannya. Kerugian satu miliar rupiah." Jelasnya.


Saksi mata, Afrisal, menyatakan. Disaat dirinya sedang tertidur pulas di rumahnya, mendengar teriakan kebakaran dari rumah tetangganya Abdu Majid. Dan melihat api sudah besar membakar rumah dari ruangan belakang hingga ruang depan rumah.


"Saya mendengar teriakan kebakaran, saya terbangun menuju ke rumah terbakar. Dimana api sudah membakar seluruh isi rumah. Namun bersyukur keluarga pemilik rumah selamat. Warga hanya membantu mendorong mobil dan harta benda di luar rumah agar tidak terbakar." Bebernya.


Sementara itu Kepala Unit Pelaksanan Teknis Daerah Pemadam Kebakaran Kabupaten Polewali Mandar, Imran, menyampaikan. Untuk memadamkan kebakaran rumah Abdul Majid, menurunkan 5 unit armada pemadam kebakaran.


Empat unit dari UPTD Kebakaran Polewali Mandar dan 1 unit dari Pemerintah Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, dan menurunkan personil pemadam sebanyak 19 orang. 


Pemadam tiba di lokasi pada pukul 04.00 waktu setempat langsung memadamkan api dengan menyemprotkan seluruh air di titik api. Api baru dikuasai pada pukul 05.00 waktu setempat.


"Setelah mendapatkan laporan terjadinya kebakaran langsung bergerak ke lokasi kebakaran. Tiba di sana langsung bergerak cepat melakukan pemadaman. dalam waktu 1 jam api dapat dipadamkan." Jelasnya.


Pasca kebakaran Unit Inafis Satuan Reskrim Polres Polewali Mandar bersama Reskrim Polsek Wonomulyo, melakukan olah kejadian perkara. Dengan meminta keterangan pemilik rumah dan sejumlah saksi mata, di lokasi.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rumah Pengusaha Penggilingan Padi di Wonomulyo Terbakar

Trending Now

Iklan

iklan