Iklan


 

Pemeliharaan PJU Tenaga Surya Polman Butuh Belasan Miliar

Jumat, 29 Maret 2024 | 02:29 WIB Last Updated 2024-03-28T18:29:45Z

Puluhan unit lampu PJU tenaga surya berjejer di Jalan KH Agus Salim, Kecamatan Polewali, sebagian besar PJU tenaga surya ini sudah 3 bulan padam. (Foto : Ag/Suk).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Biaya pemeliharaan 1000 unit lampu penerangan jalan  umum(PJU) tenaga surya di Kabupaten Polewali Mandar membutuhkan biaya belasan miliar per tahun. 


Dinas Perhubungan Polman menghitung dibutuhkan biaya sekira Rp 13 sampai 18 miliar per tahun untuk mengakomodir pemeliharaan PJU tenaga surya sebanyak 1000 unit lebih di Polman. 


Pejabat Pembuat Komitmen(PPK) pemeliharaan lampu PJU tenaga surya Polman, Abbas yang juga selalu Kepala Bidang di Dishub Polman,  menyebutkan masih ada 600 lebih titik PJU tenaga surya belum dijamah karena keterbatasan anggaran.


"Butuh dana sekitar Rp. 13 sampai Rp. 18 Miliar untuk pemeliharaan  PJU  tenaga surya di Polman." Ucapnya melalui telepon. Senin, 25 Maret 2024.


Lanjut Abbas, anggaran pemeliharaan PJU tenaga surya di Polman berkurang drastis, dari Rp. 3,4 Miliar menjadi Rp. 600 Juta.


Sehingga untuk menyiasati kekurangan anggaran pihaknya tahun ini hanya memfokuskan pemeliharaan lampu PJU di wilayah Kota Polewali.


"Kami sudah optimal pemeliharaannya, karena beda itu dana desa untuk pemeliharaan lampu PJU, semua desa yang anggarkan PJU tenaga surya kemarin, harus tanggung masing-masing pemeliharaannya." Paparnya. 


Selain itu, Abbas menuturkan dengan anggaran pemeliharaan PJU tenaga surya cuma Rp.600 juta per tahun. 


Pihaknya hanya akan memprioritaskan pemeliharaan lampu PJU di sekitar alun-alun Polewali sampai ke Polres.


"Itupun kita utamakan lampu PJU dobel arm, karena cuma itu saja mencukupi anggarannya." Jelasnya. 


Meski demikian, Abbas berharap pihak kepolisian dapat membongkar kasus hilangnya puluhan panel lampu PJU tenaga surya di Kecamatan Polewali. 


Kata dia, kasus tersebut telah dilaporkan Dishub Polman ke Mapolres Polman 2 tahun lalu, 


"Belumpi ada ketahuan pencurinya, karena panel surya yang hilang itu sampai Rp. 20 jutaan rupiah harganya, Mudah-mudahan cepat ketahuan pencurinya, segera didapat pelakunya, supaya normal kembali Polman, nyala semua lampu jalan." Jelasnya.


Laporan : Ag/Suk.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemeliharaan PJU Tenaga Surya Polman Butuh Belasan Miliar

Trending Now

Iklan

iklan