Iklan


 

Logos Politika: Saling Klaim Tertinggi Survei Cabup Itu Hal Biasa

Jumat, 07 Juni 2024 | 10:08 WIB Last Updated 2024-06-07T02:08:37Z

Direktur Logos Politika, Maenunis Amin. Menyatakan klaim tertinggi kandidat survei calon bupati Polman, adalah hal biasa dalam politik. (Foto : Nadi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Klaim mengklaim saling tertinggi hasil survei kandidat Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kabupaten Polewali Mandar (Polman), berdasarkan lembaga survei masing-masing kandidat.


Merupakan hal biasa dan wajar dalam politik. Karena survei dilakukan berbeda waktu pelaksanaan pengambilan sampel, metodelogi survei digunakan, jumlah sampel digunakan dan kalangan atau kelompok masyarakat yang menjadi objek survei.


Demikian disampaikan Direktur Logos Politika, Maenunis Amin. Saat diminta tanggapannya terkait perbedaan klaim mengklaim tertinggi hasil survei setiap kandidat dari lembaga survei.


"Survei yang dilakukan lembaga survei adalah memotret keadaan sesungguhnya yang terjadi. Sehingga perbedaan hasil survei setiap kandidat berbeda, ditentukan metodelogi yang digunakan, waktu survei, jumlah sampel yang digunakan. Wajar jika saling mengklaim tertinggi, yang tersebut biasa dan wajar." Jelasnya.


Disampaikan Direktur Logos Politika, untuk mengetahui hasil survei setiap lembaga survei yang sebenarnya. Semestinya lembaga survei secara terbuka menyampaikan ke publik. Agar mendapatkan penjelasan yang akurat dan terinci. Data hasil surveinya.


"Mengetahui secara akurat hasil survei, iya lembaga survei bersangkutan harus jelaskan kepada publik." Jelasnya.


Sementara itu hasil survei lembaga Trust Indonesia Research dan Consulting. Berdasarkan elektabilitas terbuka pada Top Of Mind, Andi Bebas Manggazali berada diurutan tertinggi dengan angka 8,6 persen.


Jupri Mahmud 7,0 persen, Dirga Adhi Putra Singkarru 6,6 persen, Samsul Mahmud 6,4. Andi Masri Masdar 6,1 persen. 


Dimana survei dilakukan waktu 26 hingga 30 April 2024. Dengan jumlah responden yang digunakan 440 orang. Basis data secara random pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) di 44 Tempat Pemungutan Suara. Margin Of Errornya 4,67 persen.


Sedangkan Lembaga Survei Citra Komunikasi LSI merupakan jaringan Lingkar Survay Indonesia (LSI) menempatkan Andi Masri Masdar Cabup Kabupaten Polman posisi tertinggi dengan angka 16,6 persen. 


Salim Mengga 15 persen, Samsul Mahmud 12 persen, Andi Bebas Manggazali 7,3 persen dan Dirga Adhi Putra Singkarru 5,9 persen. Dengan 14, 1 persen.


Dan lembaga Survei Sigma Reseacrch Indonesia, menempatkan Cabup Kabupaten Polman, Samsul Mahmud teratas dengan angkat 27, 6 persen.


Kemudian Dirga Singkarru, 20, 3 persen, Andi Masri Masdar, 9,8 persen, Andi Bebas Manggazali, 6,3 persen, Salim Mengga, 3,8 persen, Andi Ruskati Ali Baal, 2,8 persen, Andi Nursami Masdar, 8 persen dan Muh. Taufik Mahmuf, 2 persen. 


Namun pemilih yang belum menentukan pilihan 28,2 persen. Pengambilan sampel Survei dimulai 23 Maret 2024 hingga 25 April 2024 atau selama.48 hari. Dengan sebanyak 600 responden di 16 Kecamatan di wilayah Kabupaten Polman.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Logos Politika: Saling Klaim Tertinggi Survei Cabup Itu Hal Biasa

Trending Now

Iklan

iklan