Rabu, 18 Oktober 2017

Kalapas Bersama Ibu dan Kepala Lapas Polman
Dua Pejabat Jajaran Kanwil Kemenkumham
di Polman Berganti
POLEWALITERKINI.NET – Acara Serah Terima Jabatan (SERTIJAB) dan pisah sambut Kepala Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas II Polewali dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas II B Polewali dilaksanakan di ruang aula pertemuan, Kantor Lapas Polewali. Rabu 18 Oktober 2017.

Kepala Lapas kelas II B Polewali kini dijabat HARYOTO yang sebelumnya bertugas di Lapas Pembinaan Khusus Anak Kelas II Gianyar, Bali, kemudian Kepala Bapas Kelas II dijabat oleh HERY KUSBANDONO yang sebelumnya bertugas di LAPAS SALEMBA, Jakarta.

HARYOTO Kalapas baru dalam sambutannya, pejabat baru Kepala Lapas kelas II B Polewali berharap adanya sinergitas dalam mengemban amanah melaksanakan tugas dari kebijakan pimpinan sehingga pelayanan kepada warga binaan dapat diberikan secara optimal.

"Manakala kita berjalan sendiri tidaklah lebih berani jikalau kita berjalan bersama dan manakala kita berjalan bersama tidaklah lebih mulia ketika kebersamaan kita bersama Allah, sehingga tujuan program pembinaan sesuai dengan sistem pemasyarakatan dapat tercapai dengan baik." Ungkap Kalapas Baru Haryoto.

Dia juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pejabat lama Kepala Lapas Kelas IIB Polewali, Simung, atas pengabdiannya selama ini.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan, baik dalam bentuk tenaga, pikiran maupun waktu yang sangat besar manfaatnya khususnya kepada warga binaan." Tandasnya.

Selain itu, kata dia, dirinya berkomitmen memberikan pelayanan sebaik baiknya kepada warga binaan karena menurutnya jabatan adalah amanah kapan pun bisa saja lepas serta tidak ada pembatas.

"Olehnya saya memohon ijin membawa Lapas Polewali mengarungi samudra menuju pulau yang lebih indah." Ucap Haryoto yang dikenal Religius ini.

Sementara PLT Pejabat lama Kepala Bapas kelas II Polewali, HUSMAN WARIS mengatakan, asimilasi dan assesment warga binaan Lapas pada dasarnya telah melaksanakan seluruh instruksi dengan kerja keras dan bersungguh sungguh.

"Atas bantuan dan kerjasama yang baik kami dapat melaksanakan tugas secara maksimal." Tuturnya.

Ditempat sama pejabat baru Kepala Bapas Kelas II Polewali, HERY KUSBANDONO mengatakan, dirinya pernah 12 tahun bertugas di Kabupaten Bone, kemudian 8 tahun bertugas di Lapas Narkotika Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulsel, dan terakhir 2 tahun bertugas di Lapas Kelas II A Salemba, Jakarta.

"Kekompakan dalam tugas adalah kunci kesuksesan." Katanya.

Terakhir Kepala Divisi Pemasyarakatan Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Farid yang dimandatkan menghadiri serah terima jabatan mengimbau, Kepala Lapas dan Bapas Polewali untuk selalu membuat tantangan menjadi peluang dengan kompetisi yang sehat.

"Berikan pegawai istirahat dan beri kenyamanan atau buatlah coffe morning sambil ngobrol, mencari solusi dari sebuah masalah." Terangnya


Pimpinan lanjutnya, bisa juga bersosialisasi di luar kantor dengan melakukan out bond asal tidak mengurangi tugas dan tanggung jawab terhadap warga binaan, kata dia, Lapas bisa dijadikan ladang amal dengan bersedekah karena tuhan memberi kemuliaan kepada hambanya setelah diuji.

"Saya minta seluruh petugas muslim kalau habis apel lakukan ngaji paling lama 1 jam kemudian beraktivitas kembali." Imbuh Farid.

Dia menandaskan tidak ada biaya administrasi sepersen pun yang diberlakukan pada bagian Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkunham Sulbar.

"Kalau ada yang mau mengurus administrasi semuanya gratis." jelas Farid

Laporan  :  Z Ramadhana.