Kamis, 21 Desember 2017


POLEWALITERKINI.NET -  Bakal Calon Bupati Polewali Mandar (Polman) Salim Mengga dikabarkan kembali mengantongi dukungan untuk pencalonannya di Pilkada 2018.

Kali ini dukungan datang dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Deklarasi dukungan rencananya diberikan dalam waktu dekat.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Polman, Hasan Manja mengatakan, Partai Nasdem akan mengusung Salim Mengga pada Pilkada serentak Polman, 27 Juni 2018 mendatang, sebab DPP Partai Nasdem sudah medengarkan suara 6 pengurus DPD dan DPD Sulbar.

"Tinggal kanda, Surya Paloh menanda tanggani rekomendasi Salim Mengga. Sebab Nasdem Sulbar satu suara arah dukungan untuk Salim Mengga." Kata Ketua DPD Nasdem Polman, Hasan Manja.

Sejauh ini, Salim Mengga telah mengantongi 2 rekomendasi dari 2 partai untuk pencalonannya di Pilkada Polman mendatang. Dua partai itu yakni PDIP yang mempunyai 5 kursi di DPRD Polman dan PPP yang mendapat 5 kursi.

Jika ditotal, ada 10 kursi yang dikantongi. Sudah lebih 1 kursi untuk mengusung mantan anggota Dewan Perwakilah Rakyat (DPR) dari Partai Demokrat ini, di Pilkada mendatang.

Meski bakal mengantongi dukungan Nasdem, Salim Mengga juga intens berkomunikasi dengan ketua umum Nasdem Sulbar.

Untuk maju menjadi calon bupati, syarat mengusung harus memiliki jumlah perolehan kursi di DPRD sebanyak 20 persen atau 25 persen dari akumulasi suara sah dalam pemilihan legislatif terakhir.

Total kursi DPRD Polman berjumlah 45 kursi. Partai politik baru bisa mengusung calon sendiri di Pilkada Polman minimal bermodal 9 kursi.

Satu-satunya partai yang dapat mengusung pasangan calon sendiri tanpa berkoalisi adalah Partai Golkar dengan 9 kursi di DPRD Polman, sementara partai politik lain harus berkoalisi, karena jumlah kursi DPRD Polman tidak memenuhi syarat, yakni Partai Demokrat, PKB, PAN, PDI-P, PPP 5 kursi, Gerindera dan Hanura dengan 3 kursi, PKS dan Nasdem 2 kursi dan PKPI 1 kursi.
Laporan  :  Nadi.

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini