***...***

.

Jumat, 28 Juni 2019

Ny. Mukim, Tim Penilai Kabupaten dan Kades Pasiang
Tim Penilai Memasuki Ruangan Kerja TP PKK Pasiang
Tampak Bhabinkamtibmas dan Babinsa
POLEWALITERKINI.NET – Tim Penggerak PKK Desa Pasiang, Kecamatan Matakali mengikuti Lomba Tertib Administrasi TP PKK Tingkat Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Silawesi Barat. Selain pembinaan tim penilai juga memberikan masukan. Senin (24/06/2019).

BERITA TERKAIT : TP-PKK Provinsi Sulbar Terkesan Menilai Desa Pasiang Polman

Bertempat di Aula Kantor Desa Pasiang, rombongan Tim Penilai Lomba Tertib Administrasi Tingkat Kabupaten untuk wilayah Kecamatan Matakali dipimpin langsung oleh Ibu Wakil Bupati Kabupaten Polewali Mandar.

Pembina TP PKK yang juga Kepala Desa Pasiang, Ny Nurjannah, S.IP mengatakan, lomba tertib Administrasi TP PKK adalah melaporkan gambaran umum yang menyeluruh terhadap pelaksanaan kegiatan 10 program pokok PKK yang telah dilaksanakan.

“Tentu tujuan dilakukan lomba ini untuk mewujudkan suatu keluarga yang sejahtera, maju dan mandiri melalui 10 program pokok PKK.” Kata Pembina TP PKK yang juga Kepala Desa Pasiang, Ny Nurjannah, S.IP.

Di Kecamatan Matakali sendiri ada 4 Desa yang mengikuti lomba pada tingkat Kabupaten dan hari ini juga dinilai, yakni Desa Barumbung, Pasiang, Bunga Bunga dan Tonrolima. Pemenang pada tingkat Kabupaten akan mewakili untuk maju ke Provinsi.

Ada 4 yang akan jadi penilaian, yakni Pokja 1. Keagamaan dan gotong royong, ini terkait pemantapan kerukunan dan toleransi antar umat beragama, peningkatan kesadaran tiap warga negara tentang penghayatan dan pengamalan Pancasila, kesadaran bela negara, pencegahaan kekerasan dalam rumah tangga (KDKRT), pencegahan perdagangan orang (trafficking), pembentukan bina keluarga lansia, dan PIK Keluarga.

Selanjutnya Pokja II yakni Pendidikan dan keterampilan. Disini terkait peningkatan pendidikan dan keterampilan keluarga, pelaksanaan dan pengembangan kegiatan program Bina Keluarga Balita (BKB), meningkatkan kelompok dan kualitas Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, memotifasi keluarga tentang manfaat koperasi, serta pengembangan PAUD.

Untuk Pokja III Pangan, Sandang dan Tata Laksana Rumah Tangga. Ini terkait peningkatkan keanekaragaman tanaman, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan beragam, bergizi, berimbang (3B), menggerakkan pemanfaatan lahan perkarangan, pemantapan gerakan halaman asri, memasyarakatkan rumah sehat, dan pelaksaan program nasional gerakan perempuan tanam, tebar dan pelihara pohon.

Hingga berita ini diterbitkan Tim TP PKK Kabupaten Polewali Mandar, telah memilih Tim TP PKK Desa Pasiang, Kecamatan Matakali untuk selanjutnya mengikuti Lomba Tertib Administrasi TP PKK Tingkat Provinsi.

Laporan  :  Nadi

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini