GUNAKAN MASKER PADA TEMPATNYA , LINDUNGI DIRI, LINDUNGI SESAMA

Senin, 30 Agustus 2021

POLEWALITERKINI.NET - Demi menggenjot percepatan Vaksinasi, tim Vaksinator dari Puskesmas Polewali, melakukan pelayanan prima dengan cara jemput bola menyasar pulau terluar di wilayah kerjanya, Senin (30/08/2021). 

Salah satu pulau yang dikunjungi adalah Pulau Battoa yang berada di Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang. 

Dengan menggunakan perahu bercadik jenis katinting yang warga lokal menyebutnya dengan nama "Taksi" tim puskesmas Polewali berangkat dari dermaga belang-belang Tonyaman menuju pulau Battoa. 

Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit, rombongan tiba di dermaga Lendang. Perjalanan lalau dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 500 meter menuju lokasi vaksinasi. tempat yang menjadi lokasi vaksinasi adalah Pustu yang berada di dusun Lendang. 

Di Pulau Battoa terdapat dua dusun yakni dusun Lendang dan Kapejang. pulau terbesar di Polewali Mandar ini dihuni sebanyak kurang lebih 316 KK. jumlah warga ini terbagi di dua dusun yakni dusun Lendang sebanyak 226 KK dan  Kapejang sebanyak 90 KK.

Vaksinasi ini juga menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker. sebelum diberi suntik vaksinasi, warga terlebih dahulu menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan seperti cek suhu tubuh, tensi darah, dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

Kepala Puskesmas Polewali, Jabir mengatakan, sebanyak 200 dosis vaksin jenis moderna disiapkan untuk warga pulau Battoa. Selain moderna, tim vaksinator juga menyiapkan vaksin jenis Sinovac.

"Ya, ada juga vaksin jenis Sinovac untuk dosis kedua, sebab sebelumnya ada beberapa warga  disini yang telah divaksin dosis pertama menggunakan sinovac." Ujar Jabir.

Upaya jemput bola ini dilakukan untuk membentuk imun comunty sehingga warga di pulau ini bisa terpapar dari virus Corona. 

Jabir melihat, antusias warga di pulalu ini sangat tinggi. hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang datang. 

"Alhamdulillah.. meskipun berada jauh diluar pulau tapi warga sangat antusias." Kata Jabir.

Rizal salah satu warga kapejang mengatakan dirinya bersama istrinya harus menempuh perjalanan sekitar 2 kilometer dari ruamhnya didusun Kapejang menuju Pustu Lendang. 

"Saya sama istri datang untuk vaksin karen oma ini kan pandemi." Kata Rizal.

Kepala Desa Tonyaman, Nursan mengaku sangat mengapreasi kepada Puskesmas Polewali atas pelayanan primanya mendatangi warganya di pulau.

"Alhamdulillah, luar biasa ini teman-teman dari Puskesmas Polewali melayani warga kami." Katanya saat memantau pelaksanaan vaksin.

Laporan : Ant

PolewaliTerkini.Net

Populer Minggu Ini

INFO CORONA