Iklan


 

Warga Kurang Mampu Gembira Kembali Terima Beras Bantuan Pangan

Jumat, 22 September 2023 | 10:39 WIB Last Updated 2023-09-22T02:39:38Z

Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar, menyerahkan langsung Beras Cadangan Pangan Pemerintah tahap kedua. Membuat warga penerima sangat gembira (Foto : Nadi).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Warga kurang mampu yang terdata dalam Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Campurjo dan Sumberjo, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, gembira lantaran kembali menerima penyaluran Beras Cadangan Pangan Pemerintah (BCPP) Bantuan Pangan Beras tahap dua. Dimulai diserahkan langsung. Rabu, 20 September 2023.


Seorang warga penerima bantuan beras, Sumina, menyatakan. Sangat gembira kembali disalurkan Bantuan Pangan Beras kepada warga kurang mampu di Desa Sumberjo, Kabupaten Polewali Mandar. Sehingga dirinya bersama warga yang lain,  menerima langsung beras di kantor desa untuk digunakan sehari-hari.


"Sangat senang sekali diterimanya kembali beras bantuan warga miskin. Karena saat ini, memang butuh beras. Apalagi harga beras sangat mahal di pasaran, dengan harga mencapai Rp. 13 ribu Rupiah perkilogram dari harga sebelumnya hanya Rp. 10 ribu rupiah perkilogramnya." Tandasnya.


Disebutkan warga penerima bantuan Beras. Dengan adanya bantuan Beras, yang didapatkan 10 Kilogram. Membuat warga merasa terbantukan, yang tidak lagi membeli  Beras untuk dikonsumsi sehari-hari.


"Beras bantuan dari pemerintah, sudah lama ditunggu. Karena mau digunakan secepatnya." Paparnya.


Sementara itu, Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar, menyatakan. Penyaluran BCPP kepada warga kurang mampu, merupakan perintah Presiden Republik Indonesia, Jokowi Dodo. Sekaligus upaya pemerintah setempat menstabilisasi harga Pangan di daerahnya masing-masing.


"Penyaluran beras bantuan sudah diperintahkan presiden untuk disalurkan secepatnya." Katanya.


Diungkapkan Bupati Polewali Mandar. Penyaluran BCBP tahap dua, sebanyak 84.723 penerima manfaat. Bakal diserahkan langsung para staf dan pegawai pemerintah desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Polewali Mandar, kepada setiap warga kurang mampu yang telah terdata. Mulai minggu ini hingga tuntas.


"Para penerima bantuan pangan tersebut menerima bantuan melalui pegawai staf kantor desa dan lurah kepada warga kurang mampu." Sebutnya.


Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar, menyerahkan langsung Beras Cadangan Pangan Pemerintah tahap kedua. Membuat warga penerima sangat gembira (Foto : Nadi).

Diuraikan Bupati Polewali Mandar. menyampaikan rasa terimakasih kepada Bulog Cabang Polewali Mandar, sebagai lini sektor penyaluran beras. Karena stok di gudang Bulog masih dapat memenuhi kebutuhan masyarakat selama ini dan para Kepala Desa dan Lurah untuk bagikan beras sesuai ketentuan.


"Salut kepada Bulog Polewali Mandar, tetap menyediakan beras sesuai kebutuhan BCPP. Kemudian diharapkan Kepala Desa begitupula Lurah dibagikan beras berdasarkan ketentuan tidak lagi ada potongan dan sebagainya." Sebutnya.


Dipaparkan Bupati Polewali Mandar. Data pusat yang  perlihatkan di Menteri Koordinator Pembangunan Manusia Kebudayaan (Menko PMK) saat berkunjung ke Polewali Mandar, baru ini tidak valid, sehingga akan diperbaiki agar warga yang sudah tidak layak dapat bantuan diberikan kepada warga yang betul-betul kurang mampu mendapatkan bantuan.


"Menko PMK minta usulan perbaikan data nanti diperjuangkan di pusat dan data yang akan digunakan nanti adalah data DTKS." Harapnya


Ditempat yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulawesi Barat, Abdul Waris Bestari, mengatakan. Bantuan BCPP tahap dua, merupakan bantuan dari bapak Presiden dan itu akan diberikan secara bertahap dan pembagian beras di mulai 20 September 2023, kelanjutannya.


"Tahap pertama sudah diberikan di bulan April hingga Juni 2023 dan sekarang merupakan tahap ke dua, selanjutnya sampai tahap ke tiga akan disalurkan di Oktober hingga Desember 2023. Dimana penyaluran tahap dua mengalami sedikit pengurangan penerima manfaat dan penerimaan ini berdasarkan by name by address dari Kemensos." Jelasnya.


Sedangkan Kepala Cabang Bulog Polewali Mandar, Farid Nur menyampaikan. Bantuan yang diberikan untuk kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, terdapat sekira 31 ton namun untuk penyerahan sementara, yakni di dua desa yaitu di Desa campurjo 104 karung sedangkan di desa Sumberjo ada 234 karung. Dimana Kabupaten Polewali Mandar disalurkan BCBP tahap dua sebanyak 84.723 keluarga penerima manfaat.


"Penerima pada tahap dua ini mengalami pengurangan dari tahap sebelumnya, yakni 502.100 penerima manfaat berkurang menjadi 483.370 sesuai data Kementerian yang diterima."  Bebernya.


Ditegaskan Kepala Cabang Bulog Polewali Mandar. Bulog hanya menyalurkan bantuan BCPP sementara terkait penyiapan data  penerima beras bantuan tersebut, merupakan kewenangan Dinas Sosial setempat. Rencananya menyalurkan ke sejumlah desa dan kelurahan hingga rampung 100 persen.


"Telah menjadwalkan seluruh desa dan kelurahan yang akan disalurkan dalam bulan ini hingga terselesaikan semua sesuai waktu yang ditentukan." Katanya.


Laporan : Nadi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Kurang Mampu Gembira Kembali Terima Beras Bantuan Pangan

Trending Now

Iklan

iklan