Iklan


 

Bentuk Fakultas Kedokteran, Unsulbar Kerjasama RS Hj Andi Depu Polewali

Senin, 01 April 2024 | 19:17 WIB Last Updated 2024-04-01T11:17:21Z

Direktur RS Hj Andi Depu Kabupaten Polewali Mandar, dokter Anita. (Foto : Ag/Suk).

PolewaliTerkini.Net - POLMAN - Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) terus berbenah melengkapi syarat pembentukan fakultas kedokteran.


Salah satu syarat utamanya, yakni menggandeng Rumah Sakit pendidikan utama dalam penyelenggaraan pendidikan fakultas kedokteran. 


Unsulbar pun menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) dengan RSUD Hj Andi Depu Polewali untuk tempat praktek mahasiswa kedokteran ke depan sebagai rumah sakit tipe B yang  dinilai memadai dari segi sarana dan prasarana. 


Direktur RS Andi Depu Polewali, dokter Anita mengungkapkan, Unsulbar sudah berniat membentuk fakultas kedokteran sejak 2022 lalu, salah satu persyaratannya harus ada RS pendidikan utama sebagai tempat penyelenggaraan klinik. 


"Nah itu salah satu syarat yang harus dimasukkan sebelum fakultas kedokteran disetujui." Ujarnya, saat ditemui di RS Andi Depu Polewali. Jumat, 29 Maret  2024.


Anita menjelaskan, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unsulbar dan pihak RS Andi Depu sebelumnya telah membahas terkait PKS pembentukan fakultas kedokteran.


Setelah draf PKS diperbaiki beberapa hari berselang dilakukan penandatanganan PKS antara pihak Unsulbar dan RS Andi Depu. 


"Dalam rangka RS Andi Depu menjadi rumah sakit pendidikan utama penyelenggaraan pendidik bagi fakultas kedokteran Unsulbar." Bebernya. 


Kendati demikian, Anita mengatakan, gedung fakultas kedokteran tetap berlokasi di Kabupaten Majene, namun kliniknya berada di Kabupaten Polman.


Menurutnya dari semua RS di Sulbar, yang ikut dalam proses kualifikasi, mereka diminta berbenah namun belum maksimal, maka dipilihlah RS Andi Depu Polewali yang berstatus kelas B.


"Apalagi RS Andi Depu sudah menjadi tempat penyelenggaraan pendidikan mahasiswa kedokteran dari Unhas." Terangnya. 


Anita memaparkan, setelah fakultas kedokteran Unsulbar terbentuk, maka modelnya  seperti yang sekarang berjalan dilakukan mahasiswa fakultas kedokteran Unhas.


Mahasiswa Unsulbar juga akan ke RS Andi Depu untuk melakukan  praktek.


"Standar kelayakan RS Andi Depu sudah memenuhi standar, mungkin nanti RS Majene akan menjadi rumah sakit jejaring afiliasi, itu bisa menambah jumlah dokter di Sulbar." Tuturnya. 


Anita menambahkan, memorandum of Understanding (MoU) dalam hal pembentukan fakultas kedokteran Unsulbar sudah dimulai sejak Agustus 2022 lalu,  di masa jabatan Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar.


"Sebenarnya MoU antara RS Andi Depu dengan Unsulbar sudah dilakukan tahun lalu." Tutupnya.


Laporan : Ag/Suk.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bentuk Fakultas Kedokteran, Unsulbar Kerjasama RS Hj Andi Depu Polewali

Trending Now

Iklan

iklan